Logika Interaktif: Membuat Game Yang Bisa Dimainkan Untuk Semua Orang


Acara Indonesia Bermain benar benar membuka wawasan saya soal definisi bermain di Indonesia, mengenai apa saja pengaruhnya dan produk permainan apa saja yang bisa kita buat di Indonesia. Di salah satu sesi acara, tim dari Logika Interaktif yang diwakili oleh Bullit Sesariza memaparkan sebuah bahasan yang menarik yang berjudul “Games for Everybody, Developing for Everybody”. Pada sesi ini Bullitt juga berbagi tentang proyek-proyek dan produk yang telah mereka lempar kepasaran, baik lokal maupun global.

Menurut Logika Interaktif, pasar pengguna produk game di Indonesia sangatlah luas, dan tidak semua bisa menikmati fasilitas bermain game selengkap di kota-kota besar. Paling tidak ada tiga faktor yang menghalangi penyebaran pengguna game di Indonesia, mulai dari koneksi Internet yang belum merata hingga retailer game yang belum merambah daerah terpencil.

Oleh karena itu Logika Interaktif mencoba menawarkan solusi baru untuk menikmati game. Mereka menginginkan game bisa dinikmati di berbagai daerah di Indonesia, game bisa berinteraksi langsung dengan pengguna beserta keluarga/teman secara sederhana tetapi bisa menimbulkan sensasi kesenangan yang berbeda daripada bermain game-game di PC ataupun smartphone.

A-box adalah salah satu produk yang mereka tawarkan untuk memenuhi tujuan mereka ini. A-box adalah sebuah konsep rental portable arcade game machine, dimana si machine/alat bermain itu bisa dibawa kemana-mana untuk dinikmati oleh banyak orang di berbagai tempat (bisa pasar malam, mal, hingga pameran produk). Anda bisa melihat video di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas apa itu A-box.

A-box diharapkan bisa menjadi “crowd makers” yang akan menimbulkan sensasi bermain game bagi banyak orang di berbagai daerah. A-Box ini sendiri sudah dipakai oleh beberapa merek terkenal dalam acara mereka sebagai alat untuk promosi dan hiburan. A-Box sendiri juga sudah bisa menyedot rata-rata 1000 pengguna per satu mesin di tiap acaranya. Didukung dengan gameplay yang sederhana tetapi menyenangkan, A-Box berhasil menarik perhatian pengunjung dari anak kecil hingga orang tua.

Contoh Permainan A-box di Event Indonesia Bermain
Contoh Permainan A-box di Event Indonesia Bermain

Mereka juga memiliki sebuah project bernama HOLOMOC dan juga Mystery of Batavia yang merupakan sebuah teknologi video mapping interaktif. Tim Logika Interaktif mencoba menyulap benda statik menjadi lebih “wah” dengan dibantu pemroyeksian video yang nampak nyata. Mereka melakukan konsep ini terhadap mobil hingga lukisan yang memiliki nilai sejarah. Selain melakukan video mapping, mereka juga menggabungkannya dengan game-game yang interaktif di lokasi tersebut.

Saya sendiri cukup bangga dan takjub dengan produk-produk dari tim Logika Interaktif ini. Mereka berhasil membuat game menjadi solusi media “kegembiraan” bagi semua orang. Game bisa menjadi dinikmati bersama-sama, menimbulkan rasa senang dan lebih memiliki nilai interaktif tinggi, nilai sosial yang tinggi, nilai edukasi yang baik serta prospek bisnis yang potensial.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Logika Interaktif anda bisa mengunjungi websitenya di sini.