1 Tahun TeknoJurnal – Dulu, Sekarang, dan Masa Depan

1 Tahun TeknoJurnal – Dulu, Sekarang, dan Masa Depan

Tepat 1 tahun yang lalu, 2 orang programmer yang juga sudah kenal satu sama lain semenjak jaman kuliah memutuskan untuk lebih serius di dunia tech blogging. Dari dulunya sebuah blog yang diberi nama “Journal of Knowledge” dan merupakan blog yang bertujuan untuk promosi produk mereka akhirnya ditransformasikan total menjadi “TeknoJurnal” sebuah blog yang bertujuan untuk menjadi pusat informasi tentang perkembangan industri Teknologi Informasi di Indonesia. Dan kedua orang tersebut tentu saja adalah saya sendiri dan teman baik serta partner bisnis saya, Putra Setia Utama. Ehh…. this sounds cheesy, switching off formal mode :D

Pembaca TeknoJurnal yang sudah membaca TeknoJurnal sejak awal mungkin tahu kalau dulu TeknoJurnal sering diselipkan artikel tentang produk yang saya dan Putra kembangkan, karena memang dulunya blog ini ditujukan sebagai media promosi dari produk kami. Namun akhirnya ditengah jalan produk yang kami kembangkan gagal karena terlalu kompleks dari sisi teknis dan mindset yang digunakan pada waktu itu terlalu “programmer”. Yang kami pikirkan pada waktu itu produk yang kami kembangkan sudah pasti bakal digunakan banyak orang tanpa memikirkan sisi non-teknikal dalam pengembangan sebuah produk.

Tentu saja gagalnya produk yang kami kembangkan waktu itu merupakan tamparan keras sehingga akhirnya kami menyadari bahwa kami sangat kurang pengetahuannya di sisi non-teknikal dari dunia bisnis Teknologi Informasi ini. Hanya tahu tentang bagaimana cara memprogram sebuah aplikasi itu adalah jauh dari kurang jika kita ingin aplikasi yang kita bisa bisa menjadi produk yang digunakan banyak orang.

Untungnya, produk kami memang gagal namun blog yang menjadi media promosi produk kami dan tempat untuk sharing seputar Teknologi Informasi malah semakin diminati banyak pembaca. Terinspirasi oleh Rama Mamuaya dengan DailySocial.net-nya, kami akhirnya merebranding blog kami yang dulu menjadi seperti sekarang ini dengan tujuan memberikan kanal informasi baru untuk para pengembang aplikasi agar tidak mengulangi kesalahan yang dulu kami lakukan.

Dengan semakin fokusnya kami di TeknoJurnal, kami sadar bahwa kami membutuhkan informasi-informasi yang lebih mendalam tentang perkembangan industri Teknologi Informasi oleh karena itulah sejak Juni tahun lalu kami menjadi sering sekali mencari tahu dan mengikuti acara-acara seputar Teknologi Informasi. Dari mengikuti acara-cara semacam itulah akhirnya kami mendapatkan banyak kontak untuk kemana mencari dan mendapatkan informasi dan kami juga menyadari bahwa cara ini juga ternyata cukup efektif untuk membangun brand awareness TeknoJurnal. Dan tentu saja selain aktif mengikuti berbagai macam acara IT, kami juga aktif membaca situs-situs web seputar Teknologi Informasi baik di dalam maupun luar negeri.

Setelah beberapa bulan semakin fokus di TeknoJurnal kami melihat perkembangan yang cukup signifikan dari jumlah pembaca TeknoJurnal dan…. pada akhirnya kami mulai dikontak oleh beberapa orang yang tertarik untuk bekerja sama dengan TeknoJurnal. Sejak saat itu kami mulai sering diundang untuk ikut berbagai macam acara (dan malah sering semua biaya akomodasi selama acara ditanggung perusahaan bersangkutan :D ). Selain sering diundang untuk mengikuti acara, kami juga mulai ditawarkan untuk memasang iklan di TeknoJurnal yang hasilnya kadang melebihi pekerjaan utama kami saat ini :D

Sekarang TeknoJurnal telah bekerja sama dengan banyak perusahaan dan acara dan juga telah membawa kami ke pengalaman-pengalaman unik yang dulunya tidak pernah terlintas di pikiran kami. Kedepan kami sudah ada beberapa rencana untuk mengembangkan TeknoJurnal lebih jauh namun untuk yang satu ini masih harus menunggu waktu yang tepat. Kami juga sudah ada rencana untuk mengganti themes TeknoJurnal agar lebih enak dilihat dan mungkin akan segera diganti dalam waktu dekat.

Terakhir, terima kasih kepada para pembaca dan partner TeknoJurnal selama ini yang secara tidak langsung juga ikut mengembangkan TeknoJurnal hingga seperti sekarang ini. Dan saya sangat merekemondasikan para pembaca untuk ngeblog sesuai dengan bidang masing-masing, karena mungkin nanti bisa memberikan banyak manfaat yang tidak terpikirkan sebelumnya :D