25 Kata Kunci Populer untuk Pencarian Aplikasi Mobile

25 Kata Kunci Populer untuk Pencarian Aplikasi Mobile

Makin berlimpahnya jumlah aplikasi mobile di toko toko aplikasi seperti Apple App Store dan Android Market, menjadi hambatan tersendiri bagi pengguna untuk mencari – cari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi. Buat saya, cara yang paling ampuh adalah dengan “mengetik” di search box (kotak pencari) toko aplikasi tersebut dan kemudian mengharapakan ada hasil yang pas dengan yang saya butuhkan. Atau cara yang lebih “sederhana” lagi yaitu cari di Google. Tapi intinya adalah saya lebih suka mencari dari pada menelusuri si toko aplikasi tersebut. Di bulan Januari 2012 lalu, saya pernah membaca data dari Chomp (Toko aplikasi eksternal) mengenai kata kata apa saja yang paing sering dicari di toko aplikasi Chomp.

Data yang diberikan Chomp sendiri merupakan data dalam kurun waktu 1 bulan di Januari 2012. Chomp mengumpulkan kata-kata kunci yang biasa di ketikan pengguna untuk mencari sebuah aplikasi. Mereka juga mengelompokan kata kata pencarian yang dimasukan ke dalam dua kategori yaitu : kata kata pencarian berdasarkan nama aplikasi, dan kata kata pencarian berdasarkan fungsi dari aplikasi yang dicari.

Berikut saya mulai dari 25 kata kata yang paing sering dicari untuk aplikasi mobile di platform iOS.

Ternyata 81% kata kata yang diketikan di search box Chomp, adalah kata kata yang mendeskripsikan fungsi dari sebuah aplikasi mobile. Sedangkan sisanya sebesar 19% berdasarkan dari nama aplikasi nya. Kemudian dari 25 kata kata tersebut, kata kata “free” mendominasi dafar tersebut. Jika dilihat sekilas, kata kata utilities, photo, games, juga menjadi kata kata (yang sebenarnya menjadi kategori di Apple App Store) yang memenuhi daftar tersebut.

Selanjutnya mari kita lihat data yang ada di platform Android.

Tidak beda jauh dengan yang ada di platform iOS, di Android sendiri kebanyakan pengguna Chomp, memasukan kata kunci yang berkaitan dengan fungsi dari si aplikasi (86%). Dan kebanyakan mencari kata “games” (bisa dilihat di daftar top 25).

Walaupun data ini bukan merupakan data resmi dari toko aplikasi masing masing platform, paling tidak ada sedikit gambaran bagi para pengembang aplikasi di masing masing platform, bahwa ada kebutuhan dari si pengguna berdasarkan kata kata kunci yang muncul di data ini. Jadi selain membuat aplikasi yang menjawab kebutuhan, jangan lupa juga sertakan deskripsi dengan kata kata kunci yang bersahabat terhadap cara pikir pengguna.