5 Tool Populer Untuk Mengembangkan Aplikasi Mobile Multiplatform

5 Tool Populer Untuk Mengembangkan Aplikasi Mobile Multiplatform

multiplatform[sumber gambar : shutterstock]

Kini teknologi untuk pengembangan aplikasi mobile, web, maupun desktop semakin canggih. Banyak aplikasi mobile maupun web yang dikembangkan dengan menggunakan satu alat pengembangan dapat dibuat untuk multiplatform.

Beberapa alat pengembangan mampu menghasilkan aplikasi yang dapat berjalan platform mobile, desktop, maupun web sekaligus. Contohnya saja aplikasi hybrid yang menggunakan alat pengembangan khusus untuk membuat aplikasi mobile yang berintikan HTML, CSS, dan JavaScript untuk bisa berjalan layaknya aplikasi native di perangkat mobile.

Selain itu, terdapat juga alat pengembangan yang bisa mengembangkan aplikasi dengan salah satu bahasa pemrograman yang dikuasai untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform. Misalnya saja menggunakan alat pengembnagan khusus untuk membuat bahasa pemrograman C# dapat mengembangkan aplikasi selain di Windows Phone seperti iOS maupun Android.

Adobe PhoneGap

Adobe PhoneGap merupakan salah satu alat pengembangan yang dimiliki oleh perusahaan pengembang perangkat lunak multimedia, Adobe. Awalnya PhoneGap dikembangkan oleh Nitobi pada tahun 2009, namun beberapa waktu kemudian Adobe mengakuisisi produk tersebut.

Dengan menggunakan Adobe PhoneGap ini developer dapat melakukan pemrograman menggunakan HTML, JavaScript, dan CSS untuk membuat aplikasi hybrid yang berbasis mobile. PhoneGap ini dapat membuat aplikasi yang berjalan di platform iOS, Android, Tizen, Symbian, WebOS, Windows Phone, Blackberry, dan bada.

Bagi pembaca ataupun developer yang tertarik membuat aplikasi hybrid dengan menggunakan framework dapat mengunjungi halaman resmi Adobe PhoneGap.

 

 

adobe phonegap

 

apache cordova

Apache Cordova

Ketika PhoneGap diakusisi oleh Adobe maka Apache Software Foundation yang telah mempunyai kode sumber PhoneGap dari Nitobi menggunakan nama Apache Cordova untuk menggantikan nama alat pengembangan yang telah diakuisisi ini. Cordova sendiri merupakan nama wilayah kantor Nitobi berdiri.

Dengan menggunakan Apache Cordova ini memungkinkan developer yang menggunakan HTML, JavaScript, dan CSS dapat membut aplikasi hybrid layaknya aplikasi native dari perangkat mobile tersebut.

Dengan dukungan yang baik, Apache Cordova ini membantu developer untuk mengembangkan aplikasi yang dapat berjalan di platform Android, Bada, Blackberry, FirefoxOS, iOS, Mac OS X, Qt, Tizen, Ubuntu, WebOS, Windows (desktop), Windows Phone, dan Browser.

Bagi pembaca ataupun developer yang tertarik menggunakan framework ini dapat langsung mengunjungi situs resmi Apache Cordova.

Xamarin

Bagi pembaca maupun developer yang terbiasa mengembangkan aplikasi di Windows atau menggunakan bahasa pemrograman C#, ada baiknya mencoba alat pengembangan Xamarin untuk membuat aplikasi mobile yang multiplatform.

Dengan menggunakan Xamarin ini developer dapat mengembangkan aplikasi multiplatform menggunakan bahasa pemrograman C# yang biasanya untuk platform Windows maupun Windows Phone. Untuk platform lain yang didukung Xamarin adalah Android, iOS, Mac OS X, dan masih banyak lagi.

Bagi pembaca maupun developer yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi di berbagai platform dengan satu bahasa pemrograman saja dapat mencoba mengunjungi situs resmi Xamarin.

 

 

xamarin

 

intel xdk

Intel XDK

Intel sebagai salah satu vendor besar pengembang prosesor ikut membuat alat pengembangan untuk mengembangkan aplikasi yang multiplatform yaitu Intel XDK. Dengan alat pengembangan ini developer dapat mengembangkan aplikasi mobile dengan menggunakan HTML5.

Nantinya aplikasi mobile yang dikembangkan dengan Intel XDK ini dapat diterbitkan pada platform Android, iOS, Windows Phone, Windows 8 Store, Amazon, Tizen, dan Nook. Selain itu, dapat juga membuat aplikasi untuk platform seperti Facebook, Firefox, dan Chrome.

Bagi pembaca maupun developer HTML5 yang ingin mengembangkan aplikasi mobile multiplatform dapat mengunjungi halaman resmi Intel XDK.

NativeScript

Bagi developer yang ingin mencoba dalam mengembangkan aplikasi Native di perangkat Android maupun iOS menggunakan Javascript dapat mencoba sebuah alat pengembangan menarik yang bernama NativeScript.

NativeScript sendiri dikembangkan oleh Telerik yang dapat mendukung pengembangan aplikasi di platform Android dan iOS dengan menggunakan Javascript dan CSS. Rencananya Telerik akan mengembangkan NativeScript agar dapat membuat aplikasi di platform Windows Phone juga.

Bagi pembaca yang tertarik menggunakan JavaScript untuk mengembangkan aplikasi mobile di Android maupun iOS dapat langsung mengunjungi situs resmi NativeScript.

 

NativeScript