6 Tips Aman Berbelanja Online

6 Tips Aman Berbelanja Online

belanja online[sumber gambar : shutterstock]

Kini belanja online merupakan salah satu metode pembelian yang banyak digemari oleh orang di dunia. Hal ini disebabkan karena belanja online menawarkan kemudahan, kecepatan, dan harga yang murah dibandingkan membeli secara offline.

ecommerce meningkat

Menurut survei yang dilakukan Trustedcompany.com dijelaskan bahwa bisinis eCommerce terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari infografis yang disajikan terlihat peningkatan total 20% keseluruhan transaksi eCommerce secara global dari tahun 2013 sebesar US$ 1,248 triliun menjadi US$ 1,5 triliun di tahun 2014.

Meskipun eCommerce mengalami peningkatan transaksi yang pesat setiap tahunnya, namun banyak orang yang jahat dan tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan transaksi online tersebut dalam meraup keuntungan secara instan. Tercatat bahwa pada tahun 2013 total uang sebesar US$ 100 miliar dari hasil transaksi online berhasil dicuri.

Tentu saja hal ini harus meningkatkan kewaspadaan para pengguna internet yang biasa melakukan transaksi online agar harus berhati-hati terhadap tipu daya yang dilakukan pencuri uang di intenet.

Untuk mengatasi tipu daya tersebut, Trustycompany.com merilis beberapa aturan sederhana agar pembaca maupun pengguna internet yang sering belanja online dapat merasa aman ketika melakukan transaksi di internet dan terhindar dari penipuan.

Berdasarkan infografis yang disajikan oleh Trustedcompany.com terlihat bahwa terdapat 6 langkah yang dapat dilakukan oleh pembaca atau pengguna internet ketika melakukan transaksi online agar menjadi aman.

  1. Langkah awal yang harus dilakukan pembaca adalah menggunakan akses Wi-Fi milik pribadi karena akan lebih aman dibandingkan menggunakan akses Wi-Fi di tempat umum yang memudahkan cracker untuk membobol identitas dan transaksi pembaca ketika melakukan transaksi online.
  2. Kedua, pembaca wajib selalu melakukan update terhadap program antivirus dan membersihkan cookies pada browser ketika sedang melakukan transaksi online agar tidak mudah untuk disusupi oleh penjahat cyber.
  3. Ketiga, pastikan pembaca melakukan transaksi pembelian produk pada toko online yang telah terpercaya. Jika belum pernah membeli produk di toko tersebut maka dapat mencari ulasan dari pelanggan yang pernah bertransaksi di toko tersebut melalui forum maupun situs diskusi lainnya.
  4. Keempat, wajib untuk selalu membaca dan mengerti dari isi persyaratan serta ketentuan yang diajukan oleh toko online tersebut agar pembaca tidak mudah ditipu ketika nantinya bertransaksi di toko online tersebut.
  5. Kelima, sebelum memutuskan untuk menyelesaikan transaksi dan melakukan pembayaran sebaiknya pembaca memastikan bahwa ini merupakan halaman toko online yang telah diakses sejak awal karena penipu biasanya melakukan pemindahan halaman transaksi ke tempat yang telah dibuat agar pembaca yang melakukan transaksi online menjadi tidak sadar bahwa itu merupakan halaman situs yang salah dan hasilnya uang akan ditransfer ke penipu tersebut.
  6. Terakhir, setelah pembaca melakukan transaksi pembelian secara online maka dapat melakukan cek terhadap rekening bank agar bisa terpantau jumlah tabungan yang tersimpan sebelumnya dan jumlah terbaru ketika selesai melakukan transaksi online. Selain itu, pembaca dapat bertanya kepada pihak Bank mengenai dana tabungan yang diambil setiap melakukan transaksi menggunakan akun anda.

infografis tips belanja online