Agate Berhasil Akuisisi Studio Asal Bandung Bernama Ekuator Games

Agate Berhasil Akuisisi Studio Asal Bandung Bernama Ekuator Games

Agate Akuisisi Ekuator Games Header[Ilustrasi oleh Pixabay]

Perusahaan sekaligus studio game ternama Indonesia, Agate, semakin menguatkan cakarnya. Perusahaan yang dibentuk pada tahun 2009 ini telah berhasil mengakuisisi sebuah studio game yang berasal dari basisnya, yakni Bandung. Studio game tersebut adalah Ekuator Games.

Akuisisi dengan nilai total yang berkisar di angka Rp 5 milliar tersebut berhasil diselesaikan pada tanggal 5 Januari 2019 lalu. Dengan demikian, kedua studio game tersebut resmi bergabung menjadi satu.

Menanggapi hal ini, mantan CEO Ekuator Games yang sekarang menjabat sebagai Vice President of Consumer Games di Agate, Cipto Adiguno mengatakan, “Saya sangat excited dengan bergabungnya Ekuator Games dengan Agate. Saya yakin kami bisa menciptakan game dengan kualitas lebih baik lagi dan membawa nama Indonesia di industri game dunia.”

Melalui akuisisi ini, Agate memiliki harapan yang sangat besar. Perusahaan yang kini di bawah naungan PT Agate International tersebut berharap dapat meningkatkan banyak hal melalui akuisisi tersebut.

CEO Agate, Arief Widhiyasa mengungkapkan bahwa akuisisi Agate terhadap Ekuator Games tersebut bertujuan untuk menggabungkan kekuatan dan talenta dari keduanya dalam rangka meningkatkan kecepatan dan kualitas produk consumer game milik Agate.

Ekuator Games sendiri bukan studio game yang bisa dianggap remeh. Studio game yang memiliki basis lokasi yang sama dengan Agate ini memiliki game yang sangat bagus, berjudul Celestian Tales: Old North.

Game yang dibangun dari crowdfunding melalui platform Kickstarter.com tersebut berhasil mencetak beberapa prestasi. Salah satunya, game tersebut berhasil menjadi salah satu dari 10 game terbaik Indonesia versi Tech In Asia pada tahun 2016.

Selain keberhasilan tersebut, game buatan Ekuator Games ini juga berhasil menyabet penghargaan seperti Most Promising Game (GDG 2014), Best Narrative, Best Audio, dan Game of the Year (GDG 2015), Best Narrative (IN.Game Jogja 2015), serta Best Local Developer (Toys & Games Republic 2015).

Dengan bergabungnya Ekuator Games ke dalam pangkuan Agate, tentunya memupuk harapan besar industri game Indonesia. Di masa mendatang, semoga industri game Indonesia semakin maju dan mampu berkiprah di pasar internasional.