Ajak Masyarakat Sadar Akan Pengelolaan Sampah, SEA Makerthon 2016 akan Diselenggarakan di Jakarta

Ajak Masyarakat Sadar Akan Pengelolaan Sampah, SEA Makerthon 2016 akan Diselenggarakan di Jakarta

Makerthon 2016 Jakarta Banner

[Sumber: Pixabay]

Tidak hanya dilihat dari kemajuan teknologi yang dimiliki, akan tetapi kemajuan sebuah kota maupun bangsa dapat dilihat juga melalui kemampuan pengelolaan sampah yang dimilikinya. Pengelolaan sampah menjadi tantangan yang sangat berat bagi kita semua untuk mewujudkan desain masa depan lestari.

Melalui tantangan untuk menangani dua persoalan Food Waste dan Food Packaging, SEA Makerthon 2016 Jakarta mengajak semua orang, mulai dari aktivis, masyarakat umum, maker, sampai hacker untuk mewujudkan desain kota masa depan tanpa sampah.

Dengan mengusung konsep acara hackathon, yaitu membuat prototype produk jadi dari sebuah ide dalam waktu singkat, acara yang akan diselenggarakan di daerah Cikini tepatnya di KeKini Coworking Space ini diselenggarakan atas kerja sama MakeDoNia, LabTanya, KeKini, dan Unjukin Labs.

Namun, acara ini bukan puncak dari ide-ide yang telah berubah menjadi sebuah prototype. Penyelenggara tidak menempatkan acara hackathon ini bukan sebagai puncak pencapaian, tapi berupaya agar dapat mendorong kesadaran masyarakat akan arti penting pengelolaan sampah yang tepat.

Selain itu, acara yang sama juga diselenggarakan dari kota-kota di Asia Tenggara lainnya. Dan kabar gembiranya, setiap ide terbaik dari setiap kota akan ditampilkan di Singapura pada tanggal 15-16 Oktober 2016.

Acara tersebut akan diselenggarakan selama dua hari dari mulai tanggal 10 sampai 11 September 2016. Yang perlu dicatat, panitia penyelenggara dalam acara ini tidak menyediakan makan siang dan makan malam, namun panitia hanya menyediakan sarapan pagi dan snack sore, serta air minum setiap harinya. Para peserta juga tidak diizinkan untuk menginap di ruang acara, sehingga peserta harus mencari tempat untuk menginap sendiri.

Tidak hanya itu, peserta harus membawa sendiri berbagai macam alat dan bahan yang akan digunakan. Pihak penyelenggara acara ini hanya akan menyediakan peralatan seperti lem, stapler, cutting mat, dan penggaris. Untuk bahan, pihak penyelenggara hanya akan menyediakan stik es krim, tali, postIT, spidol, karton, dan kertas.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, pembaca dapat mengakses laman Makerthon Jakarta berikut, atau menghubungi Imanzah Nurhidayat melalui nomor ponsel 08174933387 atau alamat email nurhidayat[@]gmail[dot]com.