Algo Studio – Membuat Aplikasi Mobile Untuk Produktivitas yang Lebih Baik

Algo Studio – Membuat Aplikasi Mobile Untuk Produktivitas yang Lebih Baik

algostudio

Algo Studio merupakan salah satu startup IT asal Indonesia yang fokus terhadap pengembangan aplikasi di platform Windows 8, dan Windows Phone. Startup ini didirikan pada awal tahun 2013 oleh Adib Toriq di Malang. Walaupun startup ini baru berumur setahun lebih, namun telah menghasilkan karya aplikasi yang cukup banyak.

Hingga saat ini Algo Studio telah beranggotakan lima orang yang terdiri dari Adib Toriq selaku “CEO”, Uswah selaku “UX/UI Designer”, Kurniadi, Candra, dan Usman selaku “Programmer”. Dengan tim yang solid ini, Algo Studio telah mengembangkan hampir lebih dari 20 aplikasi berbasis Windows 8, dan Windows Phone baik dalam bentuk proyek dengan klien ataupun sendiri.

Beberapa aplikasi yang pernah dibuat Algo Studio ini pernah memenangkan penghargaan pada kompetisi nasional maupun internasional yang di antaranya adalah aplikasi Booktracker yang pernah menjadi finalis Core77 Design award, dan aplikasi Ongkos Kirim Pro yang memenangkan kategori Ongkos Kirim pada ajang Nokia Lumia Apps Olympiad.

aplikasi algostudio

Dalam hal mendesain aplikasi, Algo Studio ini mempunyai ciri khas tampilan antarmuka yang sederhana, dan mudah digunakan. Biasanya aplikasi yang dibuat oleh Algo Studio memiliki tutorial pada awal permulaan penggunaannya sehingga pengguna tidak merasa bingung ketika menjalankan aplikasi buatan mereka.

Salah satu aplikasi Windows Phone dari Algo Studio yang terkenal adalah Blastnote. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengolah berbagai catatan yang berada di perangkat mobile. Dalam catatannya sendiri, pengguna aplikasi ini dapat mengolah teks, gambar, audio, lokasi, tautan, kutipan, dan daftar.

Catatan yang dibuat dengan Blastnote dapat dibagikan kepada orang lain melalui jejaring sosial, email, maupun SMS dengan mengirimkan tautan yang akan mengarahkan pada halaman situs Blastnote yang telah berisikan catatan tersebut. Apabila dalam 24 jam catatan yang telah dibagikan tidak dibuka maka akan hilang secara otomatis.

Selain itu, Algo Studio pun memiliki aplikasi yang masuk kategori berbayar teratas di Windows Phone Store yaitu Drug Guide Pro. Aplikasi ini bisa dibilang bermanfaat bagi masyarakat karena dapat memberikan informasi seputar obat mulai dari nama, deskripsi, indikasi, merek, kategori, dosis, hingga harganya.

Untuk aplikasi yang merupakan hasil proyek dengan klien, salah satunya adalah MetroTV News di Windows Phone dan Windows 8. Untuk desainnya dari aplikasi ini terbilang sederhana, dan nyaman dilihat ketika sedang digunakan.

Metode yang dilakukan oleh Algo Studio untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan mengandalkan aplikasi yang dijual di toko aplikasi, dan proyek dengan klien. Untuk visi ke depan dari startup ini adalah tetap konsisten dalam pengembangan aplikasi yang memberikan nilai untuk pengguna dan adaptif terhadap perkembangan tren teknologi mobile. Algo Studio pun terbuka untuk melakukan proyek kerjasama dalam pengembangan aplikasi mobile.

Bagi pembaca yang ingin melihat kumpulan aplikasi yang telah dibuat oleh Algo Studio ini dapat mengunjungi akun resmi Windows Phone Store, Windows Store, dan Behance yang dimiliki oleh startup ini.

aplikasi algo studio