Android Studio 3.0 Kini Telah Tersedia Untuk Para Developer

Android Studio 3.0 Kini Telah Tersedia Untuk Para Developer

Android Studio

Tool pengembangan aplikasi Android dari Google, Android Studio, kini sudah tersedia versi terbarunya yaitu versi 3.0. Ini merupakan pembaruan besar setelah versi 2.0 dirilis tahun lalu. Pembaruannya meliputi berbagai aspek dalam pengembangan aplikasi Android mulai dari Graddle, Kotlin, hingga Firebase.

Di Android Studio 3.0, Kotlin telah didukung penuh sehinga para developer dapat langsung menggunakan bahasa Kotlin untuk membuat aplikasi Android. File source code Java yang sudah ada pun bisa diubah menjadi bahasa pemrograman Kotlin melalui Android Studio 3.0.

Walupun Kotlin sudah didukung penuh di Android Studio 3.0, Google tetap mendukung bahasa pemrograman Java terbaru di Android Studio. Kini beberapa fitur dari Java 8 sudah didukung di Android Studio. Proyek aplikasi Android berbasis Java yang sudah ada dapat diperbarui ke Java 8 dengan mudah.

Google juga telah menambahkan berbagaiĀ tool untuk memantau performa aplikasi Android yang sedang dikembangkan seperti Android Profiler (yang menggantikan Android Monitor), CPU Profiler, Memory Profiler, Network Profiler, dan APK Profiling & Debugging.




Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa saja yang baru di Android Studio 3.0 bisa dilihat di halaman Release Note Android Studio 3.0. Untuk mengunduh versi terbaru dari Android Studio bisa dilakukan melalui aplikasi Android Studio itu sendiri atau secara manual di situs Android Developer.

,