Apple Ikut Bergabung Ke Pengembangan Standar Terbuka untuk Rumah Pintar

Apple Ikut Bergabung Ke Pengembangan Standar Terbuka untuk Rumah Pintar

Apple Rumah Pintar Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Apple akhirnya melangkah ke industri rumah pintar, mengikuti jejak  Amazon, Google, Zigbee Alliance, dan masih banyak pemain besar lainnya. Mereka mengumumkan bahwa perusahaan sedang melangkah ke pengembangan teknologi Project Connected Home over IP.

Inisiatif ini bertujuan untuk mengembangkan standar terbuka yang akan meningkatkan kompatibilitas produk-produk rumah pintar di berbagai platform, dengan keamanan dan privasi sebagai prinsip dasar.

Berdasarkan keterangan perusahaan di halaman pengembangnya, standar baru ini nantinya akan mempermudah para pengembang dalam membangun satu perangkat yang kompatibel dengan layanan rumah pintar dan asisten suara.

Selain berguna untuk pengembang, standar baru ini juga akan memastikan para konsumen dapat lebih mudah untuk memilih produk-produk rumah pintar yang bisa dikonfigurasikan secara bersama-sama dengan mulus.

Sebagai salah satu bagiannya, Apple pun meluncurkan HomeKit Accessory Development Kit (ADK) secara terbuka. Hal ini dilakukannya secara tidak langsung untuk mempercepat pengembangan standar universal baru ini.

HomKit sendiri sekarang ini telah berkembang menjadi platform rumah pintar yang luas, kuat, dan aman. Platform rumah pintar ini pun kini sudah tersedia di lebih dari satu miliar perangkat bersistem operasi iOS maupun iPadOS.

Sama halnya dengan aplikasi Home, HomeKit dibangun dari bawah ke atas untuk melindungi data-data pengguna. Platform ini menggunakan teknologi dan teknik privasi inovatif untuk meminimalkan jumlah data yang dapat diakses siapa pun (termasuk Apple), serta fitur keamanan canggih yang melindungi informasi pribadi.

Harapannya, peluncuran terbuka HomeKit ini akan membantu perusahaan dalam memulai inisiatif barunya, yang pada akhirnya juga akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para pelanggan.

Para pengembang sudah bisa menggunakan HomeKit Open Source ADK mulai dari tanggal 18 Desember 2019 kemarin. Mereka sudah bisa menggunakannya untuk membangun prototipe aksesoris rumah pintar non-komersial.

Selain HomeKit Open Source ADK, Apple juga akan mengenalkan HomeKit Accessory Protocol yang akan dibawa ke dalam pengembangan. Dengan protokol baru ini, proyek aksesori HomeKit yang sudah ada akan tetap bisa digunakan.

Secara lebih rinci, informasi mengenai proyek dan cara bergabung ke proyek ini bisa diakses melalui https://www.connectedhomeip.com/. Sementara untuk HomeKit Open Source ADK, bisa diakses melalui https://www.github.com/apple/HomeKitADK.

[Sumber: Apple]