Apple Terapkan Kebijakan Sistem In-App Purchase Dengan Lebih Jelas


Apple Terapkan Kebijakan Sistem In-App Purchase Dengan Lebih Jelas Header[Ilustrasi Oleh Pexels]

Apple baru saja meluncurkan ketentuan baru dalam pedoman pengembangan aplikasi di App Store. Dalam kebijakan baru ini, Apple bermaksud untuk memperjelas bagaimana para pengembang dapat menerapkan sistem in-app purchase dalam aplikasi mereka.

Perubahan kebijakan ini mengindikasikan bahwa perusahaan raksasa teknologi tersebut berusaha untuk menghilangkan banyak kebingungan yang dialami oleh para pengguna saat mereka mengunduh aplikasi dan mulai mendaftarkan diri untuk akses berlangganan.

Secara tegas, Apple meminta para pengembang untuk menampilkan secara jelas harga langganan yang seharusnyaย  dibayar oleh pengguna di awal transaksi. Dalam hal ini, Apple menuliskan bahwa nominal harga yang akan ditagih harus menjadi elemen paling menonjol dalam tata letaknya.

Atau sebagai alternatifnya, para pengembang bisa menuliskan harga promosi, termasuk tabungan bulanan dan tahunan dengan tulisan yang kurang terlihat jelas atau tidak mengalahkan harga sebenarnya.

Aturan baru ini juga berlaku untuk aplikasi yang menyelenggarakan sistem uji coba gratis. Para pengembang pun harus menunjukkan harga yang harus dibayar setelah masa uji coba selesai, lengkap dengan syarat dan ketentuan saat berlangganan.

Sementara saat kebijakan tersebut telah diperjelas, kita sekarang hanya bisa melihat bagaimana Apple akan menegakkannya. Pada masa sebelumnya saja, banyak aplikasi scammy yang berhasil menipu para pengguna dengan trik in-app purchase, padahal App Store memiliki manajemen yang lebih ketat dibandingkan Google Play Store.

Selain itu pun, saat Google Play Store mengizinkan para pengguna untuk membatalkan langganan dengan lebih mudah, App Store belum memiliki kebijakan ini. Sampai dengan saat ini, sebagian besar aplikasi yang menawarkan langganan hanya menawarkan opsi pembatalan yang tersembunyi sangat dalam di Settings > iTunes & App Store > Apple ID > Subscriptions.

Idealnya, ketika sekarang Apple membuat kebijakan berlangganan dengan lebih jelas, Apple juga seharusnya mengizin para pengembang untuk menawarkan cara membatalkan langganan melalui aplikasi mereka sendiri.

Secara lebih rinci, aturan dan pedoman baru mengenai cara menawarkan in-app purchase dan langganan ini dapat dilihat melalui Human Interface Guidelines dan App Store documentation.

[Sumber: TheVerge]