Bagaimana Caranya Pengembang Aplikasi Untuk Bekerjasama Dengan Merek Besar?

Bagaimana Caranya Pengembang Aplikasi Untuk Bekerjasama Dengan Merek Besar?

Mungkin ini salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak pengembang aplikasi terutama bagi mereka yang memiliki usaha sendiri dan masih muda adalah “bagaimana caranya dapat mengembangkan sebuah aplikasi yang bekerja sama dengan sebuah merek besar?”. Bekerja sama dengan merek besar biasanya memberikan sebuah keuntungan tersendiri bagi pengembang aplikasi baik itu dari sisi finansial, eksposur, dan lain-lain.

Beberapa contoh aplikasi yang bekerja sama dengan merek besar adalah “Temple Run: Brave” yang bekerja sama dengan Disney, “Angry Birds Rio” yang bekerja sama dengan 20th Century Fox, dan yang terbaru adalah “Give a Dam” yang merupakan hasil kerja sama antara studio game lokal Nightspade dan Chupa Chups.

Nah, untuk berbagi kepada pengembang aplikasi lainnya tentang bagaimana caranya seorang pengembang aplikasi / startup dapat bekerja sama dengan sebuah merek saya sempat mewawancari Hasna Tsaniya Rananti dari Nightspade tentang hal itu. Berikut adalah hasil wawancara saya dengan Nightspade:

Bagaimana caranya Nightspade bisa diajak bekerja sama dengan sebuah merek? Apakah lebih banyak pemilik merek yang datang ke Nightspade atau Nightspade yang mendatangi merek tersebut?

Ada beberapa merek (baik merek perusahaan / produk komersil) yang memang mengontak Nightspade dan meminta untuk dibikinkan sebuah game untuk merek mereka, namun untuk kasus “Give a Dam” ini memang awal pertemuannya melalui acara-acara / ekshibisi yang diikuti oleh Nightspade. Di acara tersebut kan juga sekaligus ajang tukar menukar kartu nama, nah setelah acara-acara tersebut biasanya Nightspade banyak dikontak untuk kerja sama dalam pembuatan game.

Permintaan dari merek bahkan tidak selalu di mobile / smartphone namun juga terkadang ada yang meminta game untuk web / Facebook. Biasanya kalau permintaannya bukan di bidang Nightspade, Nightspade membagikan hal tersebut juga ke teman-teman pengembang aplikasi lain yang lebih bisa mengurus proyek game di web / Flash / Facebook. Tetapi ada juga usaha-usaha yang Nightspade lakukan seperti membuat infografis dan berkenalan dengan banyak agensi periklanan yang biasanya memegang beberapa produk / merek. Jadi, lebih mudah prosesnya.

Seperti apa saja model kerja sama dengan merek yang sudah Nightspade lakukan?

Model kerjasamanya sederhana, mereka minta bantuan kita untuk mengembangkan dan merilis game-nya  toko aplikasi lalu mereka meminta kita yang mengurusi hal pemeliharan (contoh: perbaikan bug, layanan konsumen, pembaharuan aplikasi, dan lain-lain) dan mereka yang mengurus di sisi marketing dan promosi. Nah untuk pengembangan game-nya, Nightspade mendapatkan biaya pengembangan dan untuk pemeliharaannya Nightspade mendapatkan revenue share. Hal ini jadinya adalah win-win solution bagi kedua belah pihak dan nama Nightspade juga ikut terpromosikan.

Apa yang harus diperhatikan oleh pengembang aplikasi jika ingin bekerja sama dengan sebuah merek?

Biasaya sebelum membuat game-nya, pengembang aplikasi juga harus mengetahui pesan apa yang memang ingin disampaikan dari merek itu sendiri dan tema yang sudah mereka tentukan. Nightspade biasanya melakukan riset dan juga kampanye yang sudah pernah mereka lakukan. Tetapi, tidak terlepas juga dengan komunikasi dengan tim dari merek itu sendiri.

Untuk gameplay juga memang yang harus playable dan sesuai dengan karakter merek (contoh: warna, gaya, dan lain-lain). Yang paling utama harus dapat menciptakan engagement ke pemain karena tujuan dari merek biasanya ingin mereknya masuk ke kehidupan penggunanya jadi selalu diingat. Cuma jangan juga terlalu jualan karena nanti pemain akan malas juga untuk memainkannya. Tapi, yang paling penting adalah kerjasama dan komunikasi yang baik antara tim pemilik merek dan pengembang aplikasi.

Seberapa sulitkah bagi pengembang aplikasi / startup pemula untuk bekerja sama dengan merek dalam mengembangkan game / aplikasi?

Sebetulnya sih tidak sulit kok bekerjasama dengan brand kok sama aja kaya kerjasama dengan pihak manapun (selain brand). Cuma yang penting bagaimana para developer meyakinkan para brand tersebut untuk menggunakan media game sebagai salah satu media iklan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Memang sebelumnya harus ada pembuktian sih bahwa game bisa dengan cepat menyebar dan menjadi media iklan yang engage langsung ke user (karena pada dasarnya manusia senang bermain).

Apa saran dari Nightspade untuk para pengembang aplikasi yang ingin bekerja sama dengan merek?

Saran buat yang mau bekerja sama dengan merek ya kita juga harus mengenal merek itu sendiri / perusahaan yang mengurus merek tersebut. Biasanya, untuk merek di Indonesia mereka butuh ide untuk membuat game seperti apa yang bisa asik dimainkan dan sesuai dengan tipe merek mereka. Karena, umumnya mereka belum mengerti benar industri game dan bagaimana prosesnya. Nah, ini sudah menjadi tugas para pengembang aplikasi untuk berimajinasi dan menawarkan game-game yang menarik dan engaging. Dan juga, harus mampu mengkomunikasikan bahwa dengan media game maka produk mereka akan lebih masuk ke target pasar yang mereka inginkan. Namun, ini juga tergantung juga dengan jenis produknya, kalau misal produk sabun cuci ya cukup sulit untuk kita buat mobile game-nya.