Bagaimana Mengembangkan Sebuah Web Komunitas?

Bagaimana Mengembangkan Sebuah Web Komunitas?

Mengembangkan sebuah website komunitas / jejaring sosial yang besar dan aktif serta interaktif, bukanlah pekerjaan yang mudah. Diperlukan pengalaman dan juga visi yang jelas, bukan hanya melulu soal teknis dan kecanggihan dari website tersebut. Pemilihan target pasar dan kecepatan waktu eksekusi yang memanfaatkan momentum adalah salah satu hal yang penting untuk dipikirkan. Berikut ini saya mencoba berbagi pandangan saya dalam bagaimana membuat website komunitas yang akan kita buat menjadi besar dan aktif.

Bagaimana Metodenya?

Hal pertama yang bisa kita pikirkan adalah mencari metode dalam mengembangkan komunitas.

Pertama anda dapat memikirkan bagaimana si pengguna dapat membicarakan tentang “Produk Anda”. Jika seseorang merasa anda menawarkan sesuatu yang baru, selalu update, memiliki nilai guna dan dapat melibatkan si pengguna tersebut secara realtime (seperti menggunakan fitur komentar / sejenis twitter) maka si pengguna tidak akan ragu ragu untuk berbicara mengenai “produk anda” bahkan membicarakan tentang “anda” secara personal. Setelah itu informasi akan lari dari mulut ke mulut, mengajak orang lain untuk bergabung ke website anda karena rekomendasi yang diberikan pengguna anda.

Anda juga bisa memanfaatkan social media untuk membantu mengembangkan komunitas anda. Social media seperti Twitter memungkinkan anda untuk mendapatkan member baru yang memang memiliki kesamaan dengan tema website komunitas anda. Jika anda sudah melakukan cara pertama maka cara yang ini bisa sangat efektif untuk dilakukan.

Kesimpulannya, kembangkan komunitas anda dengan menawarkan sesuatu yang bisa di perbincangkan dan tentunya dibutuhkan. Bila fokus anda terlalau umum maka anda bisa saja berhadapan langsung dengan Facebook, Kaskus dan website berbasis komunitas lain yang sudah memiliki pasar yang besar. Kemudian jangan lupa untuk selalu terlibat dalam komunitas yang anda kembangkan, manfaatkan social media dan anda aktif memberikan informasi bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang ada di website anda supaya member dan calon member anda bisa ikut berkatifitas dan membantu mengembangkan komunitas tersebut.

Bagaimana Strategi Mempertahankan Membernya?

Selanjutnya anda harus memikirkan strategi untuk mengikat user anda, mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam kontenanda, dan pastinya membuat mereka datang kembali ke website anda :)

Ada banyak alat bantu untuk mendorong keterlibatan pengguna dalam website komunitas anda. Anda dapat memanfaatkan layanan website lainnya dimana anda bisa melempar pertanyaan ke member anda mengenai apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka inginkan. Anda bisa memasang fitur polling atau kuis mengenai fitur yang user inginkan, atau pendapat mereka mengenai fitur yang sekarang berjalan. Dengan mendengarkan pendapat mereka dan “meminta” pendapat dari mereka, rasanya para member anda akan dianggap penting oleh anda sebagai pemilik website. Efeknya mereka akan royal dan kembali berkunjung ke website anda.

Mengoptimalkan konten juga strategi klise yang cukup ampuh. Bila anda menawarkan sudut pandang alternatif yang menarik, membahas isu terhangat yang mudah diperdebatkan dan sesuai dengan tema website anda, atau jika anda memberi ide -ide inovatif yang lagi-lagi sesuai dengan target pasar anda, maka member pun akan berpikiran mereka memerlukan anda dan efeknya, besok mereka kembali ke website anda dengan membawa rasa penasaran.

Berikutnya anda tidak boleh melupakan faktor user experience dari website anda. Buatlah yang simpel dan mudah dipahami, bahkan untuk orang yang baru mengenal Internet. Bila berhasil maka member anda akan berbicara soal asiknya “bermain” di website anda.

Dan faktor yang sedang trend saat ini adalah notifikasiĀ dan aplikasi mobile. Jika anda serius dalam mengembangkan komunitas anda, maka anda harus memiliki fitur notifikasi (email, notifikasi di web, atau bahkan notifikasi menggunakan aplikasi mobile) sehingga member anda mengetahui ada sesuatu yang baru di website komunitas anda (bisa berupa komentar, postingan baru, dan lain lain). Untuk aplikasi mobile sendiri akan sangat berefek untuk pengguna anda yang mobile. Dan untungnya pengguna Internet di Indonesia sangat banyak yang mobile. Kemudahan akses dari mobile juga mengakibatkan user tidak “malas” untuk membuka website anda di manapun.

~

Jadi, kunci dari kesemuanya adalah mulailah membentuk web komunitas dari sesuatu hal yang sederhana, yang berbeda dan mudah bagi orang lain untuk terlibat, dan tentunya dapat atau sudah ada komunitas yang nyatanya. Dan pastikan bidang yang anda akan mulai ini adaalah bidang yang anda sukai, anda punya passion di dalamnya, bahkan anda aktif di komunitas nyatanya. Buatlah sesuatu yang berguna dan memiliki segmen pasar yang cukup unik, lebih bagus jika segmen unik anda itu bisa bersifat global. Selalu update dengan teknologi saat ini, hal ini memberikan kemudahan akses ke website anda, serta jangan lupakan pengguna mobile anda. Pikirkan juga pengembangan branding anda dan yang paling penting komitmen penuh dari anda sendiri.