Baidu dan Intel Berkolaborasi Kembangkan Prosesor Nervana NPP-T

Baidu dan Intel Berkolaborasi Kembangkan Prosesor Nervana NPP-T

Nervana NPP-T Header[Ilsutrasi Oleh Pixabay]

Dalam konferensi Create yang diselenggarakannya di Beijing minggu ini, Baidu mengumumkan kerja sama perusahaannya dengan perusahaan Intel. Melalui kerja sama tersebut, keduanya akan saling membantu dalam mengembangkan prosesor baru untuk pelatihan AI, bernama Nervana Neural Network Processor for Training (NPP-T).

Sesuai dengan nama yang diusungnya, Nervana NPP-T merupakan prosesor khusus yang dibangun untuk menangani tugas-tugas seperti melatih jaringan neural untuk keperluan melakukan pembelajaran yang lebih mendalam di ekosistem kecerdasan buatan.

Dalam kolaborasi yang diumumkan di konferensi khusus pengembang AI ini, Baidu dan Intel akan bekerja sama baik di sisi piranti lunak maupun piranti kerasnya. Hal ini ditujukan untuk memastikan prosesor barunya tersebut bisa bekerja secara optimalkan untuk digunakan dengan kerangka kerja pembelajaran mendalam PaddlePaddle milik Baidu.

Bagi yang belum tahu, Baidu sebenarnya telah memiliki kerangka kerja pembelajaran mendalam bernama PaddlePaddle. Dan dengan kerja sama ini, Baidu dan Intel akan memastikan kerangka tersebut dapat memberikan kinerja terbaiknya pada prosesor Intel Xeon Scalable yang juga sudah ada sebelumnya.

Yang mana dalam hal ini, secara khusus, optimasi untuk Nervana NPP-T tersebut akan lebih fokus pada pelatihan terdistribusi dari jaringan saraf guna melengkapi tipe lain dari aplikasi berbasis sistem kecerdasan.

Jajaran prosesor Intel Nervana Neural Network sendiri merupakan jajaran prosesor dikembangkan oleh kelompok Intel AI yang dipimpin oleh mantan CEO Nervana, Naveen Rao. Dan seperti yang bisa diduga, nama jajaran prosesor ini disesuaikan dengan nama perusahaan Nervana, yang kini telah bergabung dengan Intel setelah akuisisinya di Tahun 2016 lalu.

Setalah akuisisi tersebut, Nervana NPP memulai debut pertamanya pada Tahun 2018, dengan chip generasi pertama yang pada saat ini digunakan sebagai prototipe pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras demo untuk para mitra.

Sementara itu, Nervana NPP-T akan melengkapi jajaran prosesor tersebut, khususnya melengkapi  Nervana NNP-I (yang telah diumukan pada CES 2019), yakni chip khusus yang dirancang untuk inferensi – mengambil hasil dari proses pembelajaran dan melakukan tindakan, atau benar-benar melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

[Sumber: TechCrunch]