Bank DBS Indonesia dan Greenhouse Gelar Acara Market Expansion Indonesia

Bank DBS Indonesia dan Greenhouse Gelar Acara Market Expansion Indonesia

Market Expansion Indonesia Header

Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan startup yang beroperasi di bidang layanan pendirian dan kesekretariatan perusahaan, Greenhouse, menggelar acara bertajuk “Market Expansion Indonesia: Compliance, Recruitment, and Funding” pada tanggal 7 November 2019 kemarin.

Acara tersebut digelar untuk mendorong pertumbuhan startup dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, dengan menghadirkan para praktisi dan pelaku bisnis yang paling aktif di Asia Tenggara.

Saat ini, sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia merupakan salah satu negara yang berpotensi untuk mengembangkan berbagai macam bisnis. Negara ini adalah negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Dengan jumlah penduduknya yang mencapai angka 260 juta jiwa, yang notabene didominasi oleh kawula muda, Indonesia menawarkan jumlah konsumen sekaligus tenaga kerja yang sangat besar.

Namun di sisi lain, potensi ini sekaligus menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi. Dalam World Bank’s Ease of Doing Business Index (Indeks Kemudahan Berbisnis Bank Dunia), Indonesia masih berada di peringkat ke-73.

Acara “Market Expansion Indonesia: Compliance, Recruitment, and Funding” hadir untuk membantu startup dan UMKM untuk menghadapi tantangan tersebut. Acara ini secara umum ditujukan untuk membantu mereka dalam memulai ekspansinya di Indonesia.

“Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Greenhouse untuk menghadirkan professional service giants, disruptive startups, dan investor terkemuka dari seluruh Asia Tenggara untuk berbagi wawasan bisnis dan industri,” papar Rudy Tandjung, Direktur PT Bank DBS Indonesia.

Melalui acara ini juga, menurut Rudy Tandjung, startup dan UMKM pun dapat melebarkan jaringan lokal dan regional mereka, yang pastinya dapat mendukung ekspansi bisnis mereka.

Chief Operating Officer Greenhouse, Viktor Kyosev menambahkan, “Seperti yang kita ketahui, memasuki pasar baru seperti Indonesia tidaklah mudah, tetapi memiliki potensi yang besar. Acara ini ditujukan untuk pebisnis yang berencana atau baru-baru ini memperluas bisnis di Indonesia dan ingin memperluas jaringan mereka, atau mencari pendanaan.”

Acara ini terbagi ke dalam tiga diskusi panel dengan tema market entry, panel recruitment, dan fireside chat tentang pendanaan. Masing-masing diskusi ini dibimbing oleh praktisi yang sudah bergelut di bidang bisnis.

Adapun beberapa praktisi yang berkesempatan hadir di antaranya adalah Drew Calin (Co-Founder & CEO Greenhouse), Joe Zhang (Principal TNB Aura), Alvin Christian (Managing Director TMF Group Indonesia), Miguel Latorre (Managing Director Vistra Indonesia), Rieke Caroline (Founder & CEO, Kontrak Hukum), Ben Ewbank (Director Michael Page Indonesia), dan lain sebagainya.