Bantu Bisnis Game, Google Rilis Beberapa Fitur Baru Pada AdMob dan AdWords

Bantu Bisnis Game, Google Rilis Beberapa Fitur Baru Pada AdMob dan AdWords

Google Admob dan Adwords

Berdasarkan data yang disampaikan oleh App Annie, 41 persen dari total unduhan aplikasi adalah unduhan terhadap aplikasi permainan pada tahun 2015 kemarin. Meskipun data jumlah unduhan aplikasi permainan sangat besar, mencapai jumlah sepertiga bagian lebih dari total unduhan, beberapa dari aplikasi permainan hanya terinstal dan terlupakan. Menurut penelitian, hanya tiga dari empat aplikasi terinstal serta digunakan dan sisanya tidak pernah digunakan.

Untuk itu, Google merilis beberapa fitur baru pada AdWords dan AdMob di Game Developer Conference pada tanggal 14 Maret 2016 kemarin. Dengan menggunakan fitur tersebut, Google berharap dapat menyediakan kemudahan bagi para developer aplikasi dalam menjangkau pengguna yang tepat.

Hal yang mendasari pengembangan fitur-fitur baru tersebut adalah pembangunan kesuksesan dari bisnis game bergantung pada pendekatan terhadap jumlah pengguna yang memungkinkan. Selain itu, kesuksesan dari bisnis game juga bergantung pada cara developer menjaga pemain agar tetap memainkan game-nya.

Meskipun jumlah unduhan sangat penting, mencari jenis pemain game yang tepat sangat penting. Pemain game yang tepat di atas adalah pemain yang menginstal aplikasi permainan dan memainkannya secara terus menerus.

Oleh karena itu, Google merilis fitur yang mengizinkan pengguna mencoba terlebih dulu aplikasi pada Google Search sebelum mengunduhnya. Fitur yang disebut dengan nama Trial Run Ads tersebut merupakan fitur pada Google Display Network. Fitur tersebut akan mengizinkan pengguna mencari game pada Google, kemudian menekan tombol Try Now untuk mencoba aplikasi selama 10 menit sebelum diunduh.

Fitur lain yang dikembangkan oleh Google adalah Potrait Videos Ads karena 80 persen video iklan mobile ditonton dengan perangkat dalam posisi vertikalnya, padahal video dikembangkan untuk tampilan landscape. Dengan Potrait Videos Ads, pengguna dapat menikmati video potrait secara fullscreen tanpa perlu mengorientasi ulang perangkat mereka. Google juga menyampaikan bahwa dengan menggunakan fitur ini, developer dapat menghemat pembiayaan dan menambah jumlah unduhan aplikasi.

Dan sekarang, developer dapat mengiklankan aplikasi permainannya kepada orang yang benar-benar menyukai game. Google telah merilis Active User Targeting for Games untuk memberikan kemudahan tersebut. Dengan fitur ini, developer dapat mengetahui pengguna yang menghabiskan waktu 30 menit dalam bermain game dan mengetahui pengguna yang bermain game terintegrasi dari Google Play Games selama 30 hari belakangan. Dengan begitu, developer dapat mengontrol iklan agar dapat dilihat oleh pengguna yang tepat.

Selain itu, untuk mempermudah pengiklanan aplikasi, Google menambahkan kemudahan menguangkan aplikasi melalui iklan video yang berharga dari layanan iklan AdMob Mediation. Dengan layanan ini, developer dapat dengan mudah mengatur dan mengelola tampilan dari AdMob. Layanan ini juga mendukung beberapa jaringan dan platform lain, seperti AdColony, AppLovin, Chartboost, Fyber, Upsight, dan Vungle.

 

[via Google Inside AdWords]