Bantu Developer, IBM Rilis Code Patterns dan IBM Bot Asset Exchange Bersamaan dengan Peluncuran IBM Coder Community

Bantu Developer, IBM Rilis Code Patterns dan IBM Bot Asset Exchange Bersamaan dengan Peluncuran IBM Coder Community

IBM Code Patterns dan IBM Bot Asset Exchange[Sumber: Wikimedia]

Teknojurnal – IBM telah merilis Code Patterns dan IBM Bot Asset Exchange untuk para developer. Dengan dua hal tersebut, IBM berharap agar para developer saat ini dapat menyelesaikan berbagai hal, yang berkaitan dengan pengembangan software, dengan lebih cepat.

Code Patterns merupakan paket lengkap yang dikembangkan untuk mempermudah pengembangan proyek, sehingga proyek dapat selesai dengan lebih cepat. Code Patterns dikembangkan untuk beberapa jenis proyek pengembangan, termasuk pengembangan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence), blockchain, dan juga cloud computing.

Dalam setiap paketnya, Code Patterns berisi beberapa hal saat paket lengkap ini dikenalkan. Paket ini berisi berbagai hal, yaitu one-click untuk mengakses repository dari GitHub, dokumentasi, dan kumpulan resources untuk membantu developer menyelesaikan proyeknya. Saat ini, telah tersedia lebih dari 120 paket Code Patterns yang sudah dapat digunakan.

IBM Bot Asset Exchange merupakan platform yang dapat digunakan oleh developer pihak ketiga untuk membangun produk berbasis bot yang ditenagai IBM Watson Conversation Service, dan juga membagikan hasilnya. IBM Bot Asset Exchange dirilis dengan lebih dari 60 antarmuka percakapan dalam beberapa kategori, seperti perbankan dan finansial, kesehatan dan kebugaran, bisnis, retail, maupun produktivitas.

Dengan menggunakan IBM Bot Asset Exchange, developer dapat lebih cepat melakukan proses deploy sistem backend untuk antarmuka percakapan, seperti chatbot yang ada pada beberapa aplikasi perpesanan populer atau bot untuk aplikasi voice-command layaknya Amazon Alexa.

Saat ini, developer juga dapat melihat beberapa hal yang menggabungkan antara IBM Bot Asset Exchange dengan Code Patterns. Amita Guha selaku Product Manager IBM Watson menyatakan bahwa beberapa hal yang terdapat di Code Patterns telah di-porting dan dibawa ke IBM Bot Asset Exchange.

Pada saat yang akan datang, IBM Bot Asset Exchange  akan dilengkapi dengan fitur yang akan mengizinkan developer berkomunikasi secara langsung dengan developer lain, untuk mendiskusikan bot yang dikerjakannya.

Bersamaan dengan peluncuran Code Patterns dan IBM Bot Asset Exchange, IBM juga mengenalkan komunitas baru, yaitu IBM Coder Community. IBM Coder Community merupakan komunitas yang dapat digunakan untuk mencari petunjuk atau instruksi tentang cara menjalankan proyek-proyeknya maupun tentang cara membangun sesuatu.

Melalui komunitas ini juga, IBM akan mendorong aktivitas IBM Bot Asset Exchange sebagai hadiah di dalamnya.

[Sumber: Venturebeat]