Bantu Para Developer, Microsoft Rilis Visual Studio Code 1.0

Bantu Para Developer, Microsoft Rilis Visual Studio Code 1.0

Visual Studio Code 1

[sumber: Wikimedia]

Microsoft telah merilis Visual Studio Code versi 1.0 setelah setahun lalu merilis versi pratinjau. Microsoft menyampaikan banyak aspek yang telah dikembangkan selama masa inkubasi pada VS Code versi ini.

Seperti versi sebelumnya, Visual Studio Code 1.0 ini menawarkan fitur pengalaman navigasi dan pengeditan yang baik, proses debugging yang rapi, dan dukungan terhadap Git yang sudah tertanam.

Visual Studio Code 1.0 memiliki kapasitas yang kecil, sekitar 40 MB. Meskipun sangat kecil ukurannya, Microsoft memasukkan dukungan terhadap 9 tambahan bahasa untuk mendukung lokalisasi. Bahasa-bahasa tersebut adalah Tiongkok, Bahasa tradisional Tiongkok, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Rusia, dan Spanyol.

Sampai saat ini, sekitar 2 Juta developer telah menginstal VS Code dan sekitar 500.000 developer menggunakannya secara aktif setiap bulannya. Selain itu, komunitas pengembang telah menambahkan lebih dari 1000 ektensi sehingga VS Code mendukung berbagai macam bahasa pemrograman.

Lebih dari 100 bahasa pemrograman kini dapat digunakan pada Visual Studio Code, seperti JavaScript, TypeScript, C++, HTML5, CSS, C#, Python, PHP, Go, dan lainnya. Dan setelah Microsoft berkomitmen untuk mengembangkan secara terbuka, lebih dari 300 pull request telah diminta.

Selain itu, Visual Studio Code 1.0 untuk sementara dapat digunakan oleh developer-developer penyandang tuna netra pada perangkat Windows. Fitur ini akan dikembangkan untuk perangkat OS X dan Linux untuk kedepannya, untuk membantu para developer-developer difabel.

Untuk mennikmati fitur-fitur dari Visual Studio Code 1.0 ini, para developer dapat mengunduhnya pada laman unduhan. Selain itu, para developer dapat memberikan kritik dan sarannya untuk perkembangan VS Code melalui UserVoice.

[Via Visual Studio Code Blog]