Batik Swap – Aplikasi Android dari GITS di Hari Batik Nasional

Batik Swap – Aplikasi Android dari GITS di Hari Batik Nasional

Tentu pembaca sudah mengenal GITS yang menciptakan aplikasi Toresto berbasis Android yang berasal dari Bandung. Ketika tanggal 2 oktober 2012 ini banyak orang mengenakan baju batik untuk memperingati Hari Batik Nasional. GITS sebagai perusahaan developer aplikasi mobile ikut merakyakan Hari Batik ini dengan membuat aplikasi bernuansakan batik. Aplikasinya berjenis game puzzle yang dapat dimainkan pada smartphone berbasis Android dan diberi nama Batik Swap.

Puzzlenya sendiri berpola kan batik baik dari sunda, jawa maupun sumatera. Pada menu awal, pengguna akan disajikan menu Play dan Instruction. Untuk menu Instruction akan diberikan tuntunan dalam menyelesaikan permainan ini, bahwa pengguna disediakan 9 kotak berpolakan batik yang diacak untuk disusun kembali menjadi pola batik yang utuh, namun dalam memindahkannya hanya boleh digeser 1 langkah secara horizontal maupun vertikal dan tidak boleh berpindah diagonal.

Pola batik yang ada dalam Batik Swap ini bermacam – macam, dan berasal dari berbagai daerah. saat bermain akan ada menu moves yang memperlihatkan seberapa banyak langkah kita untuk memecahkannya. Kemudian ada juga menu hint sebagai petunjuk untuk memecahkan pola batiknya. Selanjutnya ada menu sfx untuk mengaktifkan atau menghilangkan lagu pada permainan. Bagi pengguna yang ingin melihat tampilan dari aplikasi Batik Swap ini, dapat melihat pada gambar di bawah ini :

Dengan materi konten yang coba disuguhkan oleh GITS dalam Batik Swap ini, saya rasa aplikasi ini akan cocok digunakan sebagai media promosi kebudayaan Indonesia. Saya sendiri juga pernah melihat ada aplikasi di platform iOS, degan nama Kopi Tiam. Di dalamnya sangat banyak unsur kebudayaan dari negara asalnya, Singapura. Unsur unsur kebudayaan itu (lagu, karakter, penamaan) dipadukan dengan gameplay yang cukup adiktif dan akhirnya sedikit mem “brain wash” saya dengan kebudayaan Singapura.

Bagi saya pribadi, sebuah konten lokal adalah modal unik bagi developer aplikasi di Indonesia untuk menciptakan sebuah produk. Apalagi jika keseluruhan game play dan experience yang disajikan berlevel dunia. Jadi dengan mengangkat konten lokal, sebenarnya kita bisa mencapai pasar global asalkan memiliki kualitas produk skala global. Perlu diingat juga bahwa jangan sampai konten lokal hanya menjadi senjata untuk “promosi” tanpa mengutamakan kualitasnya.

Bagi yang penasaran ingin mencoba produk dari GITS ini, silahkan unduh aplikasi nya di  Google Play .