Bawa Teknologi Premium ke Perangkat Menengah, Qualcomm Kenalkan Qualcomm Snapdragon 700

Bawa Teknologi Premium ke Perangkat Menengah, Qualcomm Kenalkan Qualcomm Snapdragon 700

Qualcomm Snapdragon 700 Header[Sumber: Flickr]

Teknojurnal – Di ajang MWC (Mobile World Congress) 2018 yang berlangsung di Barcelona, anak perusahaan Qualcomm Incorporated mengenalkan seri terbaru prosesor buatannya.

MWC merupakan ajang yang tepat untuk merilis berbagai macam produk dan teknologi yang baru. Di acara tahunan ini, berbagai macam perusahaan yang bergerak di bidang industri teknologi akan saling memamerkan teknologi baru buatannya.

Mengambil kesempatan tersebut, Qualcomm Technologies Inc, selaku anak perusahaan Qualcomm Incorporated, mengenalkan sebuah platform seluler baru Qualcomm Snapdragon 700 dengan membawa segudang fitur platform high-end ke perangkat yang lebih terjangkau.

Platform seluler tersebut dirancang dengan beberapa peningkatan dibandingkan dengan seri Qualcomm Snapdragon 600, meliputi dukungan terhadap penggunaan AI (Artificial Intelligence) langsung dari dalam perangkat dengan Qualcomm Artificial Intelligence Engine, peningkatan pada kamera, performa, dan konsumsi daya yang lebih baik.

Alex Katouzian, selaku Senior Vice President dan General Manager divisi Mobile di Qualcomm Technologies, menegaskan bahwa prosesor seluler seri baru ini akan membawa fitur dan teknologi premium ke perangkat yang lebih terjangkau, sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen melalui perangkat canggih dengan harga murah.

Platform terbaru dari Qualcomm ini dikembangkan berdasarkan kekuatan komputasi heterogeneous yang memanfaatkan banyak inti dalam menyelesaikan sebuah tugas, seperti teknologi ISP Qualcomm Spectra, CPU Qualcomm Kryo, Qualcomm Hexagon Vector Processor, dan subsistem Qualcomm Adreno Visual Processing.

Membawa kekuatan komputasi tersebut ke seri prosesor mobile kelas menengah, Qualcomm menghadirkan teknologi AI yang memiliki dua kali lebih baik jika dibandingkan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660. Dukungan ini akan diberikan oleh Qualcomm melalui multi-core Qualcomm AI Engine pada prosesor Qualcomm Snapdragon 700.

Pada bagian pengolahan hasil citra kamera, Qualcomm juga menghadirkan teknologi ISP Qualcomm Spectra yang dapat memberikan pengolahan gambar yang lebih baik dalam berbagai macam kondisi, mode, dan dukungan banyak fitur kamera professional lainnya, yang juga memanfaatkan bantuan kecerdasan buatan.

Seri terbaru prosesor kelas menengah buatan Qualcomm ini juga menawarkan peningkatan hingga 30 persen pada daya tahan baterai, efisien daya, dan juga kinerja, dalam berbagai macam skenario penggunaan, jika dibandingkan dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660.

Perangkat yang menggunakan prosesor ini juga akan lebih diuntungkan dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 4+, yang dapat melakukan pengisian daya dari 0 hingga 50 persen dalam waktu 15 menit, serta dukungan teknologi LTE, WiFi, dan peningkatan Bluetooth 5.

Sampai saat ini, prosesor Qualcomm Snapdragon 700 ini belum tersedia secara umum. Platform baru dari Qualcomm ini baru akan disebarkan melalui sampling komersial kepada OEM pada paruh pertama tahun 2018.