Bayu Sulistyo Subyantoro – Mengedukasi Anak-Anak Secara Menyenangkan Lewat Aplikasi Mobile

Bayu Sulistyo Subyantoro – Mengedukasi Anak-Anak Secara Menyenangkan Lewat Aplikasi Mobile

bayu hicca studios header

Bayu Sulistyo Subyantoro merupakan pria kelahiran Yogyakarta yang sukses mendirikan dan membawa Hicca Studios memenangkan berbagai penghargaan nasional maupun internasional yang salah satunya adalah Shell Livewire Award 2012 Winner.

Kini Hicca Studios dari yang awalnya merupakan studio khusus membuat animasi 3D hingga melebarkan sayapnya ke dunia aplikasi interaktif mobile untuk anak-anak dan edukasi.

Mengenal Dunia TI Sejak Kelas 2 SD

Bayu Sulistyo Subyantoro lahir pada tanggal 18 Juni 1982 di Yogyakarta. Pada saat tahun 1990, Bayu telah duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar dan dirinya telah tertarik untuk mempelajari dunia TI. Hal ini disebabkan oleh ayahnya yang seorang programmer membelikan seperangkat komputer untuk Bayu.

Pada saat itu Bayu tertarik untuk belajar bahasa pemrograman BASIC. Selanjutnya, dia mempelajari bahasa pemrograman Pascal yang menggunakan IDE dari Turbo Pascal dan membuat animasi dengan bahasa pemrograman tersebut.

Selanjutnya, Bayu melanjutkan pendidikan perguruan tingginya di Universitas Gajah Mada pada tahun 2001. Kemudian ketika masih duduk di bangku kuliah tepatnya tahun 2002 mendirikan studio yang bernama Kasatmata.

Meskipun studio ini dibentuk pada saat kuliah, namun Bayu bersama studio Kasatmata dalam kurun waktu 3 bulan berhasil memproduksi film animasi 30 menit dan 1 tahun setelahnya bisa memproduksi film panjang 90 menit untuk rilis di bioskop.

Namun ketika Bayu lulus kuliah pada tahun 2007, dirinya memutuskan untuk bekerja di negara Singapura selama 1 tahun di sebuah studio animasi. Selanjutnya, pada tahun 2009 Bayu mendirikan studio animasi bernama ADB Studio yang lebih berfokus kepada jasa layanan untuk pelanggannya.

Berdirinya Hicca Studios

hicca studio header

Tepatnya pada tanggal 8 Juli 2011, Bayu secara resmi melakukan pengemasan kembali ADB Studio dan memperbaruinya menjadi Hicca Studios yang berfokus pada animasi 3 Dimensi, anak-anak, dan pengembangan Intelectual Property (IP).

Dengan alasan ingin memberikan interaksi yang lebih antara penikmat dan animasi 3 Dimensi, maka pada tahun 2013 Bayu mulai mencoba untuk melakukan penjajakan aplikasi interaktif mobile terhadap orang banyak dan mendapatkan respon yang positif. Selanjutnya, pada tahun 2015 ini Bayu bersama Hicca Studios akan mengerahkan energinya sebanyak 90% untuk pembuatan aplikasi interaktif dan 10% untuk pengembangan animasi.

Hingga saat ini Hicca Studios telah menghasilkan berbagai macam karya animasi dan aplikasi interaktif. Untuk animasi sendiri Hicca Studios baru memiliki dua judul yang menggunakan Intelectual Property (IP) sendiri dengan puluhan episode yang terdiri dari serial dan lagu.

Animasi ini dapat disaksikan secara gratis pada channel Uwa and Friends di Youtube. Selain itu, Hicca Studios juga memiliki aplikasi interaktif mobile dengan total 27 di Google Play dan akan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Sebagai tambahan, selama perjalanan Bayu mengarungi dunia TI bersama Hicca Studios ini beberapa penghargaan telah diraih yang di antaranya Increfest Award 2012 Winner, Shell livewire Award 2012 Winner, Solo Marketeers Youth Startup Icon 2013, Indonesia Youngster Inc Champion 2014 by SWA Magazine, dan masih banyak lainnya.

Karya Hicca Studios

Dalam perjalanannya mulai dari tahun 2011, Hicca Studios telah menghasilkan animasi 3D mulai dari TV series hingga Layar Lebar dengan pipeline professional yang mampu bersaing internasional. Selain itu, pada tahun 2013 Hicca Studios mulai mencoba menjajaki dunia aplikasi interaktif yang telah berada di Google Play hingga saat ini.

Salah satu animasi dan Intelectual Property yang terkenal dari Hicca Studios ini adalah Uwa and friends. Animasi ini dikembangkan penuh perjuangan sejak tahun 2012 dan berganti-ganti karakter hingga mencapai bentuk sekarang.

Uwa and Friends ini sendiri dapat disaksikan oleh pembaca secara gratis di situs resmi Youtube. Dengan berbagai episode yang telah diunggah oleh Hicca Studios. Selain itu, Uwa and Friends juga telah dijadikan aplikasi interaktif yang dapat diunduh langsung di Google Play.

Selain Uwa and Friends, Hicca Studio juga menciptakan karakter, animasi, dan aplikasi interaktif lainnya yang dapat pembaca nikmati. Kedepannya Hicca Studio ini akan lebih banyak mengembangkan aplikasi interaktif untuk anak-anak dan edukasi.

 

 

hicca studios ip

Menghasilkan Keuntungan dari Animasi dan Aplikasi Interaktif Mobile

monetisasi hicca[sumber gambar : shutterstock]

Dalam menghasilkan pendapatan bagi Hicca Studios, Bayu memiliki beberapa strategi yang terdiri dari keuntungan dari animasi dan aplikasi interaktif. Untuk keuntungan dari animasi sendiri, Hicca Studios memiliki sumber dari iklan dan animasi yang berbayar.

Untuk keuntungan iklan dari animasi ini Hicca Studios menggunakan jasa iklan dari Youtube dimana studio ini memiliki channel yang bernama Uwa and Friends. Sedangkan animasi yang berbayar biasanya bekerja sama dengan pihak lain yang salah satunya adalah pembuatan animasi untuk disiarkan di Televisi.

Selain itu, keuntungan dari aplikasi interaktif mobile ini diperoleh dari aplikasi menggunakan iklan dan berbayar. Untuk aplikasi yang menggunakan iklan ini hampir dapat pembaca temui pada aplikasi Hicca Studios yang berada di Google Play. Meskipun begitu, Hicca Studios juga memiliki aplikasi berbayar di Google Play.

Hicca Studios selalu berkarya membuat karakter dan Intelectual Property (IP) baru yang salah satunya adalah Uwa and Friends sehingga studio ini terbuka bagi pihak manapun yang tertarik untuk membeli lisensi IP yang dikembangkannya.

Hingga saat ini, Hicca Studios terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan dalam hal pembuatan animasi, pengembangan aplikasi mobile maupun web yang berfokus terhadap pendidikan anak-anak.

Mengembangkan Aplikasi Mobile Untuk Edukasi Anak-Anak

Menurut Bayu, ketertarikan Hicca Animation Studios dari sebuah studio animasi dan melebarkan sayapnya ke pengembangan aplikasi interaktif karena melihat dunia animasi dan aplikasi interaktif ini sangat dekat.

Dalam sebuah animasi penontonnya bisa menikmati film beserta ceritanya. Namun ada kalanya penonton animasi ingin lebih berinteraksi. Untuk itu, dengan adanya aplikasi ineraktif ini dapat memberikan kedekatan pengguna dengan tokoh idolanya bisa menjadi semakin nyata. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih dengan adanya aplikasi interaktif karena mereka dapat juga memainkannya setiap saat.

Selanjutnya, Bayu berharap Hicca Studios dapat mendidik dan memberikan manfaat terhadap orang banyak terutama anak-anak yang sesuai dengan motonya “Make You Happy” sehingga studionya akan selalu berusaha untuk membuat orang bahagia ketika menggunakan aplikasi yang mereka buat.

Bayu juga berharap pengembang aplikasi Indonesia dapat mengembangkan aplikasi yang lebih bermutu dan bermanfaat. Tidak hanya berfokus kepada keuntungan semata. Selain itu, Bayu mempunyai harapan kepada m Indonesia agar lebih menghargai semua produk dalam negeri yang salah satunya adalah mau membeli aplikasi lokal jika berbayar.