Beberapa Produk IoT Yang Hadir Pada Meetup Geeknesia di Ajang Social Media Week 2016

Beberapa Produk IoT Yang Hadir Pada Meetup Geeknesia di Ajang Social Media Week 2016

header-image-iot

Pada meetup Geeknesia yang tergabung dalam acara Social Media Week 2016 di Jakarta kemarin, Geeknesia menjelaskan mengenai konsep crowdfunding yang akan dijalankan oleh Geeknesia untuk proyek-proyek Internet of Thing (IoT) di Indonesia. Selain itu, pada meetup ini juga terdapat penjelasan mengenai beberapa proyek IoT yang sudah dibuat oleh para makers.

Beberapa penjelasan mengenai produk IoT pada acara meetup ini, terdapat produk yang sudah masuk dalam tahap ready-to-market. Selain itu, ada juga produk IoT yang sudah melakukan kampanye pada situs Geeknesia agar mendapatkan dana yang nantinya digunakan untuk memproduksi produknya dalam skala besar.

Pada meetup ini, Muhammad Ikramullah menjelaskan mengenai aplikasi Panic Button yang merupakan produk yang dikembangkan oleh x-igent, Panic Button merupakan aplikasi yang berfungsi untuk menjaga keamanan fisik.

Aplikasi ini digunakan oleh masyarakat dengan tujuan mengirimkan pesan SOS kepada keluarga, kerabat, polisi, atau kepada orang yang sudah masuk dalam daftar whitelist. Dengan aplikasi Panic Button, dapat memudahkan pengguna dalam meminta pertolongan ketika dalam keadaan darutat.

x-igent

Selain itu, Ikramullah menjelaskan mengenai produk IoT dengan nama Fixed Button yang memudahkan pengguna dalam meminta pertolongan ketika berada di tempat tertentu. Fixed Button ini berupa kotak kecil yang disimpan pada tempat tertentu, misalnya kamar tidur, toko, atau tempat spesifik lainnya. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur auto answer, dimana alat ini akan secara otomatis menerima panggilan yang dilakukan oleh whitelist.

Jika pembaca mengenal Arduino, pada acara ini Yehudha Artha Wihardja memberikan penjelasan mengenai alat yang bernama Bluino-ONE  Dengan alat ini pembaca dapat belajar dan bermain Arduino dengan lebih mudah. Jika Arduino menggunakan USB, Bluino-ONE menggunakan Bluetooth sehingga makers dapat melakukan atau membuat program menggunakan ponsel pintar dan melakukan build langsung pada Bluino-ONE melalui Bluetooth.

bluino-one

Terakhir, merupakan produk IoT yang dijelaskan oleh Peter Febian selaku founder Smart Vision Camera. Alat ini digunakan untuk membantu pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran produk dengan tepat. Alat ini dapat mengetahui produk mana yang lebih disukai oleh konsumen, dapat membedakan laki-laki maupun perempuan, dapat menghitung jumlah pengunjung pada acara atau tempat umum, dan lainnya.

peter-smart-vison-camera

Alat ini memberikan laporan atau data yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam memasarkan produk yang dimiliki. Data yang tepat dapat membuat keputusan dalam mempromosikan suatu produk agar tepat pada sasaran, guna meningkatkan pendaptan perusahaan.


Artikel ini terkait dengan artikel sebelumnya yang membahas mengenai konsep crowdfunding dan tips memulai crowdfunding.