BEKRAF Game Prime 2017 Business Day Tambah Wawasan Dalam Mengarungi Industri Game


BEKRAF Game Prime Business Day 2017 Header

Hari ini secara resmi Game Prime 2017 resmi dimulai di Jakarta dengan format  B2B yang disebut Business Day, berupa acara seminar dan networking dari developer game sukses terhadap developer yang baru maupun sedang merintis karir di dunia game.

Acara ini sendiri disajikan secara khusus untuk developer game dari seluruh Indonesia yang berkesempatan hadir di Hotel Ayana, Jakarta. Bisa dibilang developer game sukses dan berpengalaman berbag bekal, rahasia, tips, pengalaman, dan pengetahuan penting dalam Industri game tanah air maupun dunia.

Dalam Business Day ini David Yin selaku Business Development Manager di Google Play Apps and Games region Asia Tenggara dan Australia membawakan tema Defining a Good Game from the Perspective of Game Publishers.

BEKRAF Game Prime Business Day 2017 All

Menurut David, game yang bagus menurut publisher memiliki keunikan dari gameplay maupun cerita sehingga membuat pemainnya betah berlama-lama memainkan game tersebut. Selain itu, game yang membuat penasaran dan menarik biasanya akan membuat penggunanya ingin menuntaskan permain, meskipun harus mengeluarkan uang.

Selain itu, game pun harus update secara berkala agar pemainnya merasa ada sesuatu yang baru dan membuatnya penasaran, bahkan senang. Selain itu, kini desain game juga cukup mempengaruhi apakah nyaman atau sulit dimainkan. untuk itu, developer game harus selalu meriset penggunanya agar mengetahui formula terbaik dalam menciptakan game yang terus berkembang dengan baik.

Selanjutnya, saya berkesempatan untuk mendengarkan pengalaman dan pengetahuan dari Ian Gregory selama mengarungi dunia game dengan tema How To Make Your Game Standout. Sekilas, Ian Gregory merupakan  Creative Director dari Witching Hour Studios, developer dari game Masquerada: Songs and Shadows.

BEKRAF Game Prime Business Day 2017 Banner

Menariknya, Ian berasal dari Singapura dan pernh mendapatkan banyak pujian dari para kritikus game berkat RPG yang dia besut bersama rekannya. Game Masquerada merupakan salah satu game yang sukses mendapatkan pendanaan dari Kickstarter.

Menurut Ian, developer harus membuat game yang unik, desain, jalan cerita, efek menarik, dan gameplay yang menyenangkan dalam waktu yang agak lama. Apabila game dirasa mulai turun pengguna dan popularitasnya maka dapat mengembangkan fitur-fitur baru agar pemainnya menjadi bermain kembali karena penasaran.

Selain itu, saran dari pengguna pun dapat diperhatikan untuk membuat menjadi lebih baik lagi ke depannya. Bahkan terkadang terdapat game yang menambahkan fitur-fitur menarik berkat saran pengguna. Biasanya game yang memilik kritik bagus akan menjadi nilai tambah dan membuat orang penasaran untuk memainkannya.

Itulah beberapa materi yang dapat menambah wawasan game developer untuk bisa berjuang, bertahan, dan berkembang di Industri game. Sementara itu, pada tanggal 29-30 Juli 2017 akan diadakan pesta terbesar BEKRAF Game Prime 2017 di Balai Kartini, Jakarta.

*Disclosure : TeknoJurnal merupakan salah satu media partner BEKRAF Game Prime 2017