Biom – Pot Pintar yang Dapat Memberitahukan Kondisi Tanaman Lewat Smartphone

Biom – Pot Pintar yang Dapat Memberitahukan Kondisi Tanaman Lewat Smartphone

Biom Header

Beberapa waktu lalu salah satu startup robot asal Prancis, Still Human, mencoba membuat sebuah inovasi canggih untuk menanam tumbuhan secara menarik dengan membuat sebuah produk yang bernama Biom.

Biom sendiri merupakan pot pintar yang dapat ditumbuhi tanaman dan memiliki beberapa sensor untuk membantu pemiliknya dalam merawat tumbuhan yang ditanam dalam pot pintar ini agar dapat tumbuh dengan sehat.

Dalam pot pintar ini terdapat 4 sensor utama yang terdiri kelembaban, suhu, kesuburan, dan cahaya matahari. Nantinya Pada casing Biom ini terdapat satu lingkaran yang akan memancarkan 4 cahaya utama yang bergantung pada kebutuhan tumbuhan.

Biom All

4 Cahaya utama ini terdiri dari cahaya berwarna biru yang menandakan bahwa tumbuhan sedang memerlukan kelembaban sehingga membutuhkan air, cahaya merah yang bahwa tumbuhan sedang berada di suhu yang sangat dingin maupun panas sehingga membutuhkan suhu yang sesuai, cahaya kuning menandakan bahwa tumbuhan sedang membutuhkan cahaya sinar matahari, dan cahaya hijau menandakan bahwa tumbuhan butuh kesuburan sehingga memerlukan pupuk.

Selain memancarkan cahaya pada casing pot, penggunanya juga akan mendapatkan notifikasi mengenai 4 sensor utama tersebut pada aplikasi Biom yang telah diunduh di ponsel pintar. Nantinya ponsel pintar akan terhubung dengan pot Biom menggunakan koneksi Bluetooth.

Saat ini Still Human sedang mengadakan penggalangan dana melalui situs Kickstarter untuk produk massal dengan dana target mencapai 50.000 Euro atau sekitar Rp 733.304.935. Direncanakan pada bulan Maret 2016, pot pintar ini sudah tersedia di pasaran.

Namun apabila pembaca tidak sabar menunggu Biom hingga tersedia di pasaran maka dapat menyumbangkan dananya minimal 30 Euro di Kickstarter untuk mendapatkan Biom edisi awal.