Categories: Berita

Boot 2 Gecko : Sistem Operasi Mobile Berbasis Web dari Mozilla

Bila kita mendengar nama Mozilla pastinya kita akan ingat dengan produk web browser yang menjadi salah satu browser terkenal didunia yaitu Firefox. Ada kabar baru yang menarik dari Mozilla, yaitu mereka dikabarkan sedang mengerjakan sebuah proyek baru yaitu sebuah sistem operasi mobile berbasis web. Produk itu diberi nama Boot 2 Gecko (B2G). Beberapa konsep user interface (UI) dan juga mockup dari Boot 2 Gecko juga sudah mulai muncul di Mozilla Wiki.

Sistem operasi (OS) baru ini masih dalam tahap pengerjaan, kabarnya mereka juga sudah masuk ke tahap pengembangan API untuk akses kamera, fungsi telepon, SMS, dan berbagai fitur smartphone lainnya. Mereka juga digosipkan sudah mendapatkan dukungan dari vendor handset yang nantinya akan mensupport B2G OS ini. Hanya saja belum ada klarifikasi yang jelas mengenai kebenaran berita ini.

Beberapa gambar yang ditunjukan di Mozilla Wiki menunjukan bahwa nantinya B2G OS ini akan berbasis icon, bahkan menurut saya tampilan awal hampir mirip dengan iOS dan juga WebOS. Walupun hanya mockup saya rasa B2G tidak akan memiliki UX dan UI yang berbeda dari OS smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Boot 2 Gecko juga dikabarkan akan mengadopsi beberapa fungsi di Android, hanya saja masih belum kami dapatkan detail penggunaanya. Yang pasti nantinya HTML 5 akan mendominasi fungsi-fungsi yang ada di OS berbasis Web ini.

Berikut adalah mockup dari Boot 2 Gecko beserta sedikit alur penggunaan OS berbasis web ini.

Wireframe Boot 2 Gecko (B2G)

Ada beberapa hal yang cukup menarik jika kita melihat gambar di atas. Jika kita lihat di gambar pertama, ada catatan yang bertulis “Hold and Swipe icons to jump straight to app”. Fitur yang jika anda ingat ada di HTC Sense 3.5. Lalu jika anda lihat gambar-gambar berikutnya nampaknya B2G akan menghilangkan tombol fisik untuk navigasi menu ataupun tombol back. Hal yang juga bisa kita dapatkan di iOS.

Tanpa adanya info detail mengenai hal-hal teknikal, kami hanya bisa membahas dari segi UI dan juga UX. Belum ada hal-hal yang menjanjikan lainnya yang kami ketahui selain OS ini akan berbasis web.

Menurut saya pribadi, saya rasa sudah terlalu banyak OS mobile yang bermunculan, dan sudah terlalu banyak OS mobile yang juga akhirnya mati. Bahkan ada juga yang perlahan mati sebelum berkembang seperti webOS. BlackBerry OS juga mengalami kemunduran dan bahkan Windows Phone 7.5 yang memiliki pasar dan teknologi yang cukup baik, memiliki banyak hambatan dalam perkembangannya di pasaran.

Share
Published by
Putra Setia Utama

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019