Buat Aplikasi Cross Platform Mobile dan Web Dengan Mudah Menggunakan Codiqa

Buat Aplikasi Cross Platform Mobile dan Web Dengan Mudah Menggunakan Codiqa

Codiqa header

Kini banyak developer memanfaatkan berbagai macam alat maupun platform untuk mengembangkan aplikasi mobile menggunakan bahasa web. Hal dimungkinkan karena terdapat alat yang memfasilitasi bahasa web agar dapat berjalan layaknya aplikasi mobile.

Salah satu yang terkenal adalah PhoneGap yang memungkinkan aplikasi mobile dapat dikembangkan dengan menggunakan HTML5, Javascript, dan CSS. Dengan alat seperti ini memungkinkan penulisan kode untuk web dapat dijalankan layaknya native pada sistem operasi Android, iOS, Windows Phone, dan lainnya.

Tentunya dengan alat semacam membuka peluang bagi pengembang web juga untuk dapat menciptakan aplikasi mobile sekaligus web hanya dalam sekali langkah. Nah bagi pembaca atau developer yang ingin mencoba mengembangkan aplikasi cross-platform antara web dan mobile dengan cepat dapat menggunakan salah alat pengembangan yang bernama Codiqa.

builder codiqa

Codiqa merupakan alat pengembangan aplikasi yang berbasis cloud dimana developer dapat membuat aplikasi dengan melakukan drag and drop komponen yang diperlukan dalam membuat sebuah aplikasi mobile yang berbasis HTML5.

Developer dapat memilih komponen library baik itu animasi transisi, tombol, tautan, hingga komponen pembangun aplikasi dengan ditenagai oleh JQuery Mobile. Selanjutnya, developer dapat juga melakukan impor tema langsung dari ThemeRoller yang disediakan atau membuatnya sesuai keinginan sendiri.

Tampilan antarmuka untuk melakukan pengembangan dan penyesuaian tata letak pengembangan aplikasi dalam Codiqa ini terdiri dari 4 area yaitu area halaman menu, area komponen, area preview aplikasi, dan area properti. Nantinya developer dapat melakukan drag n drop komponen ke area preview aplikasi dan selanjutnya komponen tersebut dapat diatur propertinya agar dapat berjalan layaknya komponen pada aplikasi mobile.

Nantinya developer yang ingin menyesuaikan kode-kode HTML/CSS/JavaScript dapat mencoba untuk menggunakan visual editor dari Codiqa yang berbasis cloud. Setiap perubahan yang dilakukan terhadap kode akan dapat ditampilkan langsung secara real-time.

Selanjutnya proyek aplikasi yang telah dikembangkan menggunakan Codiqa ini dapat langsung diubah menjadi aplikasi mobile untuk platform Android, iOS, Windows, dan lainnya menggunakan alat pengembangan PhoneGap. Dalam hal ini Codiqa menyediakan fungsi-fungsi agar kode-kode aplikasi yang dikembangkan oleh Codiqa ini dapat dibaca dan dieksekusi oleh PhoneGap.

Bagi pembaca atau developer yang tertarik menggunakan alat pengembangan berbasis cloud ini untuk mengembangkan aplikasi cross-platform antara web dan mobile dapat langsung mengunjungi situs resmi Codiqa.

codiqa all