Cara Mempromosikan Aplikasi Mobile Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Cara Mempromosikan Aplikasi Mobile Tanpa Menghabiskan Banyak Uang

Promosi Aplikasi Mobile[sumber gambar : Shutterstock]

Setelah selesai membuat aplikasi, developer akan mulai menghadapi tantangan yang sulit, yaitu bagaimana cara promosi aplikasi agar aplikasinya dapat digunakan oleh banyak orang. Ini karena tujuan dari pembuatan aplikasi setidaknya salah satunya adalah untuk digunakan oleh banyak orang.

Cara agar orang-orang mengetahui adanya aplikasi yang sudah dibuat adalah dengan cara mempromosikannya. Setelah membuat aplikasi, langkah yang mudah agar aplikasi yang sudah dibuat mudah dicari adalah dengan mengunggah aplikasi pada Google Play Store, Apple App Store, atau toko aplikasi lainnya. Namun itu saja dirasa tidak akan cukup untuk mempromosikan aplikasi yang sudah dibuat.

Jika mempunyai dana yang besar, mungkin bisa melakukan promosi melalui layanan iklan pada televisi, memasang iklan pada billboard, dan lain-lain. Tetapi hal terbaik yang bisa dilakukan adalah membuat pengeluaran seminimal mungkin. Terlebih lagi bagi developer yang belum mempunyai dana besar untuk mempromosikan aplikasinya.

Berikut adalah cara agar meminimalisir pengeluaran dalam mempromosikan aplikasi. Hal ini dirasa cukup dapat membantu para developer yang ingin aplikasinya dapat digunakan oleh banyak orang.

Maksimalkan Kata Kunci pada Toko Aplikasi

Ketika aplikasi yang dibuat sudah tampil pada toko aplikasi, hal yang harus dipastikan adalah aplikasi yang dibuat dapat ditemukan oleh para pengguna toko aplikasi. Kebanyakan aplikasi ditemukan melalui pencarian sehingga nama aplikasi dan deskripsi dari aplikasi harus akurat dan sangat menarik. Temukan kata kunci yang tepat untuk sebuah aplikasi yang telah dibuat.

Katakanlah aplikasi yang anda buat dengan nama “Hotel”, dan anda ingin menggunakan kata “hotel” sebagai salah satu kunci deskripsi untuk aplikasi anda. Sebelumnya, silahkan cari aplikasi dengan kata kunci “hotel” pada toko aplikasi Google Play Store atau Apple App Store.

Ketika aplikasi yang muncul di urutan pertama mempunyai jumlah unduhan yang banyak, atau mempunyai ulasan yang banyak, misalnya 500.000 ulasan, anda mungkin akan kesulitan untuk menjadi pesaing dari aplikasi yang mempunyai ulasan yang banyak tersebut.

Carilah kata kunci yang mempunyai pesaing yang sedikit. Sehingga kemungkinan aplikasi yang anda buat akan muncul pada pencarian. Kebanyakan orang membuat kesalahan dengan tidak memilih kata kunci yang tepat sehingga memilih kata kunci yang memiliki terlalu banyak kompetitor.

Jejaring Sosial

Peranan jejaring sosial dirasa cukup ampuh dalam menyebarkan informasi. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan aplikasi yang anda buat. Jika anda membagikan informasi pada jejaring sosial tentang aplikasi anda, setidaknya orang akan mengetahui hal tersebut.

Selain itu, hal yang sederhana adalah mintalah keluarga dan teman dekat untuk mengunduh aplikasi yang anda buat kemudian membagikannya ke jejaring sosial mereka masing-masing.

Membangun sebuah komunitas pada jejaring sosial bisa menjadi alternatif dalam mempromosikan aplikasi yang anda buat. Selain itu, bagikan aplikasi yang anda buat pada grup jejaring sosial yang mempunyai deskripsi atau yang mempunyai tema sesuai dengan aplikasi yang anda buat.

Networking

Sering terdengar bahwa berita dapat cepat tersebar dari mulut ke mulut. Memang tidak ada yang bisa mengalahkan berbicara dengan saling berhadapan dan berinteraksi untuk melakukan demo aplikasi di depan banyak orang. Itu akan sangat membantu dalam mempromosikan aplikasi yang anda buat.

Menjalin networking yang luas memberikan manfaat yang sangat besar. Sebagai contoh, jika aplikasi yang anda buat adalah aplikasi mengenai wisata, maka akan lebih tepat jika anda ikut berkumpul pada acara yang bertema wisata sehingga anda bisa mempromosikan aplikasi anda pada pasar yang tepat. Orang yang merasa butuh dengan aplikasi anda pasti akan memberi tahu kepada temannya yang lain agar menggunakan aplikasi tersebut.

Ulasan dari Situs Web

Ini bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan jumlah unduhan untuk aplikasi yang anda buat. Kirimkan deskripsi aplikasi anda beserta URL aplikasi anda ke situs yang sering mengulas aplikasi-aplikasi atau ke situs yang menginformasikan berita teknologi dan aplikasi.

Bisa juga mengirimkan ke blog teman anda yang sudah mempunyai jumlah pengunjung yang cukup banyak. Dengan melihat berita tentang aplikasi anda, orang akan mempunyai alasan untuk mengunduh aplikasi yang sudah anda buat.

~

Bagi para developer yang sedang bingung dalam mempromosikan aplikasinya agar mendapat unduhan yang banyak, mungkin bisa mencoba beberapa cara-cara ini. Saran terbaik adalah jangan pernah menyerah, karena jarang aplikasi menjadi sukses hanya dalam waktu semalam.

, , ,