Cloudflare dan Chrome Adopsi HTTP/3 Untuk Web yang Responsif dan Aman

Cloudflare dan Chrome Adopsi HTTP/3 Untuk Web yang Responsif dan Aman

HTTP 3 Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Versi HTTP yang terbaru, yakni HTTP/3, mulai diadopsi oleh berbagai macam perusahaan teknologi. Dengan adopsi ini, situs web yang bertebaran bisa menjadi semakin responsif dan semakin aman.

Minggu ini, Cloudflare sudah memulainya dengan meluncurkan dukungan utama untuk protokol baru tersebut, dan akan diikuti oleh beberapa nama besar perusahaan teknologi lainnya seperti Google dan Mozilla melalui perambannya.

HTTP/3 merupakan versi baru dari protokol yang bisa digunakan oleh para penyedia layanan untuk mengirim data dari server – tempat di mana situs web di-host – ke klien seperti peramban situs web.

Berbeda dari versi-versi sebelumnya, baik HTTP/1.1, HTTP/2, atau HTTPS, HTTP/3 tidak lagi menggunakan Transmission Control Protocol (TCP), tetapi menggunakan protokol yang bernama QUIC yang bisa berjalan lebih cepat.

Selain itu, versi baru dari HTTP ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan Transport Layer Security (TLS) secara tertanam, yang merupakan bagian keamanan dari HTTPS, yakni protokol yang diadopsi oleh banyak situs selama beberapa waktu terakhir ini karena terkenal aman.

Atau secara sederhana, situs web yang mengadopsi HTTP/3 akan menjadi lebih responsif dan lebih aman. Ryan Hamilton, seorang Staff Software Engineer di Google, bahkan menyebutkan dalam laporannya, bahwa langkah tersebut bisa membuat web lebih baik untuk semua orang.

Oleh karena itulah, Google bekerja sama dengan Cloudflare berusaha keras untuk membawa HTTP/3 dan QUIC dari standar yang baru lahir menjadi teknologi yang bisa diadopsi secara luas.

Sekarang ini, HTTP/3 sudah tersedia secara terbatas melalui peramban Google Chrome Canary, yakni versi peramban yang memungkinkan kita melihat fitur baru sebelum diluncurkan di Google Chrome secara umum.

Namun untuk bisa menggunakan dukungan HTTP/3, pengembang harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Pengembang bisa mengaktifkannya dengan menambahkan bendera –enable-quic –quic-version = h3-23.

Setelah menambahkan bendera tersebut, pengembang selanjutnya akan menemukan opsi http/2+quic/99 pada perlengkapan pengembangan (DevTools) dari peramban tersebut.

Bagi pengembang yang tertarik untuk mencoba fungsi HTTP/3 ini bisa segera mengunduh Chrome Canary dari halaman https://www.google.com/chrome/canary/.

[Sumber: DigitalTrend]