Crytek Rillis Cryengine dengan Model Bisnis “Pay What You Want” untuk Bantu Developer Menikmati 3D Game Engine dengan Gratis

Crytek Rillis Cryengine dengan Model Bisnis “Pay What You Want” untuk Bantu Developer Menikmati 3D Game Engine dengan Gratis

Cryengine banner

[Sumber:  Wikimedia]

Kini developer dapat mengembangkan sebuah game 3D dengan menggunakan Cryengine V secara gratis. Crytek telah meluncurkan Cryengine V versi terakhir dengan menggratiskannya untuk seluruh proyek yang dikembangkan oleh para developer.

Cryengine V merupakan sebuah 3D game engine yang dapat digunakan untuk membangun game untuk Windows, Linux, PS4, dan Xbox One seperti game-game pada Oculus Rift. Game engine ini sebenarnya dikembangkan secara primer untuk memenuhi developer dalam membuat konten-konten dengan pengalaman Virtual Reality.

Sedangkan Crytek merupakan sebuah developer independen, penerbit, dan penyedia teknologi dalam pengembangan video game. Crytek merupakan sebuah perusahan yang pernah menerbitkan game-game ternama seperti Far Cry, seri-seri Crysis, Ryse, Son of Rome, dan Warface. Semua game tersebut dikembangkan menggunakan Cryengine.

Kini, Crytek meluncurkan versi Cryengine V dengan model bisnis “Pay What You Want”. Model bisnis ini menawarkan kepada developer untuk mengakses seluruh fitur dari game engine dan seluruh source code pada engine tersebut secara penuh. Tetapi Crytek menyediakannya secara cuma-cuma, developer tak perlu membayar kebijakan terkait dengan royalti dan biaya layanan tambahan.

Atau kalaupun mau membayar, developer dapat membayar apapun yang disukainya untuk memberikan kontribusi sampai dengan 70 persen dari jumlahnya untuk dihibahkan sebagai pendanaan terhadap proyek-proyek indie yang menjanjikan di seluruh dunia.

Tak hanya itu, evolusi terakhir dari Cryengine juga mengenalkan Cryengine marketplace. Fitur ini akan memudahkan developer untuk  mengakses aset-aset dari library Crytek sendiri, seperti ribuan materi, suara, dan obyek 3D yang dikembangkan oleh komunitas Cryengine atau vendor lainnya.

Untuk menikmati layanan game engine ini, developer dapat mengakses laman situs dari Cryengine.

 

[via The Next Web]