Daftar 5 Situs Populer Untuk Mempelajari PHP Framework Laravel

Daftar 5 Situs Populer Untuk Mempelajari PHP Framework Laravel

header-image-laravel

Laravel  merupakan framework PHP yang sedang banyak dibicarakan dikalangan web developer. Hal ini terbukti dengan ramainya forum mengenai Laravel, termasuk di Indonesia. Laravel memang menggunakan teknologi baru, yang memungkinkan para web developer menjadi mudah dalam membangun aplikasi web berbasis bahasa pemrograman PHP.

Laravel telah menggunakan teknologi Composer yang merupakan fitur atau defendency tambahan. Dengan Composer, web developer tidak lagi harus mengurus ketergantungan Laravel dengan library lainnya. Dengan kata lain, para web developer tidak perlu mengunduh satu persatu library yang dibutuhkan.

Bagi para pembaca yang baru mengenal Laravel, di bawah ini merupakan situs yang memberikan materi pembelajaran bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui lebih lanjut tentang PHP framework Laravel.

laravel.com

Ketika kita ingin mempelajari bahasa pemrograman atau framework baru, baiknya kita mengunjungi situs resmi dari framework tersebut. Laravel memiliki dokumentasi yang cukup jelas dan sangat lengkap, hal ini dapat membantu para web developer dalam mempelajari atau ketika mengalami kesulitan dalam membangun aplikasi web menggunakan Laravel.

Selain itu, konten yang ada pada dokumentasi Laravel mudah dimengerti dan detail. Pada situs resminya ini, tersedia dokumentasi mulai dari tahap instalasi, konfigurasi, routing, middleware, controller, dan lainnya. Tersedia juga tutorial yang terbagi menjadi dua tipe, yaitu Basic Task List dan Intermediate Task List

laracasts.com

Laracasts.com merupakan situs screencasts yang dibuat oleh Jeffrey Way yang mengambil topik tentang Laravel dan pengembangan PHP modern. Pada situs ini, selain untuk belajar Laravel, terdapat juga materi mengenai PHP, tooling, testing, dan Javascript.

Situs ini sangat cocok dijadikan media untuk mempelajari Laravel, terutama bagi para web developer yang tidak terlalu suka dengan tulisan. Pada situs ini, materi disajikan dalam bentuk video. Konsep pembelajarannya dibagi menjadi tiga kategori yang diantaranya Beginner, Intermediate, dan Advanced. Para web developer bisa memilih kategori untuk mulai belajar menggunakan framework Laravel.

laravel-tricks.com

Sesuai dengan namanya, laravel-tricks.com ini merupakan situs yang memberikan cara atau trik dalam menggunakan framework Laravel. Situs ini cocok ketika para web developer ingin mengetahui cara tertentu yang bisa dilakukan oleh Laravel. Selain itu, bagi para developer yang ingin berbagi untuk menulis cara atau trik menggunakan Laravel, bisa menulisnya pada situs ini.

Bagi para web developer yang ingin mencari trik menggunakan Laravel dengan mudah, pada situs ini tersedia kategori yang bisa dipilih sesuai dengan apa yang dicari atau dibutuhkan untuk mempelajari Laravel. Kategori yang tersedia seperti routing, view, templating, dan lain-lain.

laravel-recipes.com

Pada situs ini terdapat banyak tips yang menarik mengenai Laravel.  Pada situs ini terdapat tiga kategori pencarian materi mengenai Laravel, diantaranya Contents, Topic Index, dan Code Index.

Pada Contents, dapat dilakukan pencarian berdasarkan konten yang tersedia. Topic Index, menyediakan materi Laravel dengan mempersempit pencarian sehingga cepat dalam menemukan apa yang dicari. Sedangkan Code Index digunakan untuk mencari materi atau tips dengan menggunakan class atau method tertentu.

codeacademy.com

Codecademy merupakan situs atau perusahaan pendidikan yang berkomitmen untuk membangun pengalaman belajar terbaik dari dalam dan luar. Codecademy menciptakan pengalaman belajar online masa depan.

Pada situs ini para developer dapat mengikuti kursus online mengenai bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, JavaScript, jQuery, Python, Ruby, dan lain-lain. Situs ini sangat cocok untuk para developer pemula yang ingin mengenal PHP, sehingga bisa melanjutkan ke PHP framework seperti Laravel atau framework lainnya.


Bagi pembaca yang ingin mencoba mempelajari PHP framework Laravel, dapat mencoba mengikuti tutorial cara membuat halaman web pertama menggunakan Laravel 5 pada artikel sebelumnya.

,