DailySocial.id Prediksi Tren Bisnis Teknologi Pada Tahun 2016

DailySocial.id Prediksi Tren Bisnis Teknologi Pada Tahun 2016

header-image-dailysocial

Hari ini tepatnya tanggal 15 Maret 2016, GDP Venture yang merupakan perusahaan investasi yang fokus pada bisnis internet telah menyelenggarakan acara GDP Venture Power Lunch yang mendiskusikan mengenai topik ‚ÄúKenali Tren Bisnis Teknologi 2016‚ÄĚ yang dibawakan oleh Rama Mamuaya,¬†Founder¬†&Chief Executive Officer¬†Daily Social.

Pada diskusi ini, Rama Mamuaya menjelaskan bahwa startup terknologi di Indonesia bertumbuh dengan sangat cepat. Hal ini terkait dengan jumlah persentase pengguna internet di Indonesia sekitar 85% melalui perangkat mobile. Hal tersebut, membuat bisnis rintisan atau startup di bidang teknologi di Indonesia menjadi salah satu sektor yang semakin diminati dan terus berkembang dengan cepat.

DailySocial.id yang merupakan jembatan bagi startup untuk berdiskusi terkait perencanaan bisnis, investasi, talent, dan lainnya membuat laporan mengenai startup pada tahun 2015. Dari laporan yang dibuat oleh DailySocial.id, terlihat bahwa Indonesia kerap dikatakan sebagai negara acuan dalam bidang e-commerce setelah Tiongkok dan India, hal ini terkait dari prediksi pertumbuhan penjualan pada 2016, Indonesia tumbuh sebesar 22% sementara India hanya 0,24% dan 0,15% secara global.

Hal ini juga menjadikan e-commerce menjadi salah satu sektor yang masih diminati sebanyak 13% investor dalam berinvestasi di tahun 2016. Selain itu, bidang yang menjadi daya tarik bagi konsumen maupun investor adalah terkait layanan On Demand seperti GO-JEK, UBER, dan lainnya. Selain itu, FinTech akan menjadi sektor yang semakin bertumbuh di 2016 dengan masing-masing porsi investasi diperkirakan sebesar 38% dan 11%.

Tidak hanya melakukan survei, DailySocial.id juga meluncurkan DS10 yang merupakan sebuah apresiasi untuk 10 startup, 10 pemain startup dan 5 Top Investor yang memiliki kontribusi signifikan pada bisnis teknologi Indonesia diantaranya BerryKitchen, BrideStory, CekAja, Diana, Fabelio, Go-Jek, IDNTimes, Kudo, Qraved dan YesBoss.

Sementara untuk 10 pemain startup, Adrian Li selaku Managing Partner Convergence Ventures, Affi Assegaf selaku Co-Founder Female Daily Network, Ben Soebiakto selaku Co-Founder Fimela Network, Cynthia Tenggara selaku CEO BerryKitchen, Diajeng Lestari selaku CEO & Founder HijUp.com, Irzan Raditya selaku CEO & Founder YesBoss, Nadiem Makarim selaku CEO Go-Jek, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Ryu Kawano selaku CEO Veritrans Indonesia dan Willson Cuaca selaku Managing Partner East Ventures. Untuk 5 Top Investor di 2015 adalah Convergence Ventures, East Ventures, IdeoSource, SMDV, dan Venturra.

Untuk membahas lebih luas terkait dengan¬†startup, UKM, dan perusahaan di bidang teknologi di Indonesia, DailySocial.id bekerjasama dengan e27.co akan melaksanakan Echelon Indonesia 2016 yang merupakan konferensi global untuk pasar Indonesia dengan¬†mengangkat tema ‚ÄúEmpowering through Innovation‚ÄĚ yang akan dilaksanakan di Balai Kartini pada tanggal 5 hingga 6 April 2016.

Terdapat pula pembicara-pembicara yang berpengalaman di antaranya Rudiantara (Kemenkominfo), Patrick Walujo (Northstar Group), John Riady (Lippo Group), Stephanie Yoe (Miss Universe JKT 2015 & startup enthusiast) dan banyak lainnya. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di http://e27.co/echelon/indonesia/.