Di Masa Mendatang, Chrome OS Tidak Perlu Developer Mode untuk Menginstal APK Secara Langsung

Di Masa Mendatang, Chrome OS Tidak Perlu Developer Mode untuk Menginstal APK Secara Langsung

Instal APK di Google Chromebook Header[Sumber: Flickr]

Teknojurnal – Bersaing dengan sistem operasi lainnya, Google selalu mengembangkan kemampuan dan fitur-fitur dari Chrome OS. Sejak dikenalkan ke publik pada tanggal 7 Juli 2009, Chrome OS telah mengalami beberapa kali peningkatan, yang salah satunya adalah peningkatan dengan dukungan aplikasi Android untuk sistem operasi ini.

Namun sayangnya, Chromebook, yaitu istilah untuk perangkat yang menjalankan Google Chrome OS, sangat tidak diuntungkan saat akan menginstal aplikasi Android dari luar Google Play Store. Jika pengguna Android hanya perlu mengaktifkan mode Apps from Unknown Sources di pengaturan, pengguna Chromebook harus masuk ke mode developer untuk menginstal APK secara langsung.

Tentunya beberapa hal harus dikorbankan saat mengaktifkan mode developer pada Chromebook, beberapa diantaranya adalah verifikasi boot dan fitur keamanan lainnya akan non-aktif, yang tentunya dapat membuat keamanan privasi penggunanya hilang.

Selain itu, pada kebanyakan model, pengguna diharuskan untuk menekan kombinasi tombol tertentu saat melakukan proses booting, yang mana Google saja tidak ingin pengguna mengaktifkan tombol tersebut.

Namun, berdasarkan Chrome Story, nampaknya akan terdapat beberapa perubahan terkait penginstalan APK secara langsung tersebut, minimal pada versi Chrome OS untuk sekolah dan bisnis.

Dalam laman tersebut, Google menjelaskan sebuah kode komit dari Chromium Gerrit, yang menunjukan bahwa Google akan segera memberikan pengguna akses Administrator untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode penginstalan langsung APK layaknya di sistem Android.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi sekolah maupun organisasi, karena mereka tidak perlu lagi mendistribusikan aplikasinya melalui Google Play Store saat ingin menyebarkan ke siswa atau anggota organisasi lainnya.

Keuntungan lain juga dapat diperoleh oleh pengguna secara umum, yang notabene lebih awam jika dibandingkan dengan para developer. Dengan memberikan Administrator untuk mengaktifkan dan menonaktifkan penginstalan APK, pengguna awam dapat menginstal aplikasi APK tanpa perlu mengaktifkan Developer Mode yang cukup berbahaya bagi pengguna yang tidak paham.

Tim Chromium nampaknya sangat terbuka untuk menerima semua ide tentang pengembangan fitur baru ini, terlihat dari pembahasan yang ada di bug thread. Namun, nampaknya pengaktifan mode tersebut akan sedikit berbeda dengan yang digunakan di Android.

[Sumber: AndroidCentral]