Dicoding dan Duniaku Resmi Umumkan Pemenang Tantangan Kuis Tebak Animanga

Dicoding dan Duniaku Resmi Umumkan Pemenang Tantangan Kuis Tebak Animanga

 

Animanga

Empat buah game trivia berhasil memenangkan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Dicoding yang bekerja sama dengan Duniaku, yaitu sebuah tantangan bertajuk kuis tebak Animanga. Pengumuman hasil kompetisi ini dirilis pada tanggal 29 Februari 2016 kemarin.

Dicoding bekerja sama dengan Duniaku menyelenggarakan sebuah kompetisi pada awal tahun 2016. Dicoding dan Duniaku menantang para developer game mobile Indonesia untuk mengembangkan sebuah game trivia dengan tema kuis tebak gambar karakter-karakter anime dan manga populer.

Selain harus memuat karakter-karakter pada anime dan manga, game yang dikembangkan memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Kriteri-kriteria tersebut adalah game harus memuat karakter game yang berasal dari Indonesia dan memberikan fitur kepada pengguna untuk mengunggah pertanyaan atau karakter game Indonesia yang baru.

Dicoding dan Duniaku menerima puluhan game pada tantangan ini. Dalam waktu kurang lebih dua bulan, Dicoding dan Duniaku berhasil menyelesaikan tahap penjurian dan menentukan pemenang-pemenang dalam kompetisi ini.

Empat buah game berhasil menjadi juara pada kompetisi dengan tema Kuis Tebak Animanga ini. Satu game besutan developer asal Yogyakarta berhasil menyabet Juara Utama dan memperoleh 20.000 poin Dicoding. Game yang memiliki gameplay berjenis jigsaw puzzle ini dikembangkan oleh Agate Jogja dengan nama Anime Quiz. Pengguna akan ditantang untuk menebak karakter hanya dengan mengandalkan petunjuk gambar yang terbuka sebagian saja.

Selain itu, tiga buah game berhasil menjadi tiga game terbaik dan akan memperoleh 2.000 poin Dicoding. Secara berurutan dari satu sampai tiga, gamegame yang berhasil menjadi game terbaik adalah Manga Quiz besutan Creacle Studio, Cafella Anime Quiz besutan Playlian, dan Quizy Anime Quiz yang dikembangkan oleh NERD Project.

Tujuan dari kompetisi yang diselenggarakan oleh Duniaku dan Dicoding adalah developer dapat mengembangkan sebuah game kuis yang dapat menarik minat dari pengguna yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap Animanga.

Selaku media game online terbesar di Indonesia, Duniaku ingin memberikan dukungan untuk mendapatkan liputan yang layak kepada game developer lokal. Menurut Narendra Wicaksono, selaku co-founder Dicoding, salah satu kunci memajukan developer Indonesia adalah dengan cara menghubungkan budaya populer dengan potensi lokal yang ada.