Bantu Pengembang Lokal, Dicoding Sediakan Jasa Penerbitan Aplikasi di Google Play

Bantu Pengembang Lokal, Dicoding Sediakan Jasa Penerbitan Aplikasi di Google Play

dicoding app store

Bagi pembaca maupun pengembang aplikasi lokal pemula yang terkendala ketika ingin menerbitkan aplikasi mobile buatannya di toko aplikasi seperti Google Play karena tidak memiliki kartu kredit untuk pembayaran. Ada baiknya mencoba jasa dari salah satu platform kompetisi pengembangan aplikasi, dicoding.

dicoding ini memberikan jasa kepada pengembang aplikasi maupun anggotanya untuk dapat menerbitkan aplikasi mobile dengan mudah. Nantinya pengembang aplikasi akan dibantu dicoding untuk dapat mengunggah dan menerbitkan aplikasinya di Google Play dengan menggunakan akun dicoding.

Untuk mencoba jasa ini pembaca maupun pengembang aplikasi harus mendaftarkan dirinnya untuk menjadi anggota dicoding. Setelah pengembang aplikasi terdaftar menjadi anggotanya maka dapat langsung login dan mengunjungi dashboard akun miliknya pada situs resmi dicoding.

dicoding dashboard

tampilan dashboard anggota dicoding

Dalam dashboard ini pengembang aplikasi dapat mengunggah aplikasi yang telah dikembangkangnya untuk bisa diterbitkan di dicoding Store App dan Google Play. Untuk pedoman syarat dan tata cara agar aplikasi dapat sukses diterbitkan di Google Play, pengembang aplikasi dapat mengunduhnya di dashboard tersebut.

Menurut Narenda Wicaksono selaku Founder dicoding, ketikaĀ proses pengunggahan di dicoding Store App selesai dan memenuhi syarat setelah melewati proses verifikasi dari admin dicoding maka secara otomatis pihak dicoding akan membantu mengunggah aplikasi yang diajukan tersebut ke Google Play saat itu juga.

EstimasiĀ waktu terbit di Google Play tergantung validasi dan verifikasi dari pihak Google sehingga pengembang aplikasi dapat memantau prosesnya di menu ā€œManage Appā€ yang tersedia pada dashboard anggota dicoding.

Selain itu, ketika aplikasi yang diajukan telah terbit di Google Play maka pengembang aplikasi akan mendapatkan notifikasi melalui email dan selanjutnya aplikasi dapat langsung dilihat pada situs resmi Google Play.

Sebagai tambahan, beberapa waktu lalu saya mencoba menggunakan jasa yang ditawarkan oleh dicoding untuk dapat menerbitkan aplikasi di Google Play. Saya mendaftarkan diri di situs resmi dicoding dan mengikuti pedoman yang telah diberikan untuk melengkapi berkas yang dibutuhkan dalam pengajuan aplikasi di dicoding Store App.

Selanjutnya saya mengunggah kelengkapan berkas aplikasi yang dibutuhkan dalam bentuk .zip atau .rar pada halaman dashboard. Nantinya admin dicoding akan melakukan verifikasi terhadap berkas yang saya unggah dan setelah disetujui maka aplikasi saya akan diajukan pada Google Play.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara menerbitkan aplikasi di Google Play dengan menggunakan jasa dicoding ini dapat mengunjungi blogĀ resmi dicoding.com.

dicoding app store all