Berita

Dukung Kolaborasi yang Lebih Baik, Postman Hadirkan Fitur Workspace

[Sumber: Pexels]

Teknojurnal – Pengembangan sistem memang kadang tidak terlepas dari kerja sama dan pengembangan API (Application Programming Interface). Melirik hal ini, Postman mengenalkan fitur baru untuk membantu kolaborasi dalam iklim pengembangan API.

API atau antarmuka pemrograman aplikasi merupakan salah satu hal yang cukup membantu dalam pengembangan sistem yang membutuhkan integrasi. Para pengembang dapat mengembangkan sistem dengan lebih mudah, karena di dalam sebuah API bisa memuat berbagai macam hal seperti fungsi, protokol, maupun tools.

Postman merupakan salah satu penyedia lingkungan pengembangan antarmuka pemrograman aplikasi yang cukup populer. Dengan menggunakan tools dari provider ini, para developer dapat membangun dan menguji antarmuka pemrograman dengan lebih mudah.

Pada tools versi terbarunya, Postman mengenalkan sebuah fitur baru yang disebut dengan Workspace, yaitu sebuah fitur pengembangan yang mana dapat memudahkan sekelompok orang bekerja sama membangun dan menguji antarmuka pemrograman aplikasi.

Dalam Postman 6.0 tersebut, pengembang dapat membangun API secara mandiri di Workspace personal, serta dapat berkolaborasi dengan banyak pengembang lain melalui Team Workspace.

Secara spesifik, Postman mengenalkan fitur Workspace ini agar para pengembang, dalam kelompok maupun individu, dapat mengelola dengan lebih mudah dan lebih cepat proyek pengembangan antarmuka pemrograman aplikasi.

Melalui fitur Workspace dari Postman ini, para pengembang dapat mengumpulkan sumber daya pengembangan API dan juga anggota tim yang relevan dalam sebuah Workspace tertentu.

Fitur Workspace dari Postman ini ini juga memungkinkan para pengembang untuk melakukan sinkronisasi dan berbagi berbagai macam hal dalam proyek pengembangan antarmuka pemrograman aplikasi, tanpa perlu sebuah template pengembangan.

Para pengembang juga dapat dengan mudah memperbarui koleksi Postman pada berbagai Workspace dimana pun koleksi tersebut berada.

Namun sayangnya, pengembang hanya dapat memanfaatkan fitur Team Workspace dalam kolaborasi pengembangan antarmuka pemrograman dengan berlangganan Postman Pro maupun Enterprise.

Abhinav Asthana, selaku CEO dan co-founder dari perusahaan Postman, meyakini bahwa Workspace merupakan sebuah komponen penting untuk berkolaborasi di dalam iklim pengembangan API pada Postman.

Melalui fitur baru tersebut, Abhinav Asthana juga percaya bahwa misi perusahaan untuk menjadi platform pengembang antarmuka pemrograman aplikasi terbaik di dunia akan tercapai.

[Sumber: ProgrammableWeb]

Share
Published by
Sukindar

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019