Categories: BeritaFeatured

Evolusi Google Search

Google Search, sebuah search engine dari Google, yang saya yakin sering pembaca TeknoJurnal gunakan kini sudah berumur lebih dari 11 tahun sejak pertama kali diluncurkan pada tanggal 15 September 1997. Awalnya Google Search adalah sebuah proyek riset pada 1996 dan berkat inovasi terus menerus dari Google terus untuk memperbaharui search engine mereka, Google Search kini menjadi search engine yang paling sering digunakan di dunia.

Melihat perkembangan Google Search dari sebuah proyek riset hingga menjadi seperti sekarang ini, menarik untuk dilihat apa saja perkembangan di Google Search selama ini. Nah kebetulan Google baru-baru ini merilis sebuah timeline dari perkembangan Google Search dari awal hingga akhir. Berikut adalah timeline perkembangan Google Search:

klik pada gambar untuk versi besarnya

Dari gambar tersebut bisa kita lihat perkembangan Google Search yang dulunya hanya sebagai search engine biasa untuk teks yang perlahan-lahan berkembang menjadi search engine segala macam yang universal. Bahkan sekarang Google Search sudah dapat melakukan pencarian data dengan input gambar dan suara.

Google juga merilis sebuah video tentang penjelasan perkembangan Google Search selama ini yang menurut saya sangat menarik untuk disimak.

Dari video di atas dapat kita ketahui bahwa Google akan terus melakukan pengembangan terhadap Google Search mereka agar pengguna dapat lebih memaksimalkan Google Search untuk pencarian data. Salah satu orang Google di video tersebut bahkan memimpikan Google Search bisa seperti di film StarTrek di mana pengguna bisa mencari data dengan input yang kompleks untuk mendapatkah hasil yang ingin didapatkan.

Mari kita tunggu saja perkembangan Google Search beberapa tahun ke depan, fitur apa lagi yang akan mereka implementasikan di Google Search :)

Share
Published by
Firman Nugraha

Recent Posts

Cisco Peringkatkan Kerentanan Kritis Dalam Cisco Data Center Network Manager

Cisco mengungkapkan tiga kerentanan dalam layanannya. Ini dia penanganannya!

January 7, 2020

Optimal idM Meluncurkan OptimalCloud Partner Platform

Ini ulasan mengenai keuntungan OptimalCloud Partner Platform, platform baru milik Optimal idM!

January 6, 2020

Google Siapkan Coral Accelerator Module dan Coral Dev Board Mini untuk Tahun 2020

Google kenalkan dua koleksi baru dari Coral. Dua koleksi baru ini bakal menambah kemampuan pengembangan…

January 3, 2020

Google Kembangkan Model Kecerdasan Buatan Untuk Deteksi Kanker Payudara

Raksasa Google baru saja mengembangkan sistem pemindaian kanker payudara berbasis kecerdasan buatan. Bagaimana hasilnya, berikut…

January 3, 2020

Google Dorong Fitur Bubbles Notifications Ke Versi Stabil

Meski dikenalkan bersamaan dengan Android 10 Beta, sampai kini Bubbles Notifications masih dalam tahap pengembangan.…

December 31, 2019

Samsung Siapkan Lima Proyek dan Empat Startup C-Lab Untuk CES 2020

Samsung akan kembali memamerkan hasil program C-Lab ke ajang CES 2020. Ini dia proyek dan…

December 30, 2019