HTC Akan Luncurkan Smarphone Blockchain Murah Exodus 1s Dan SDK-nya

HTC Akan Luncurkan Smarphone Blockchain Murah Exodus 1s Dan SDK-nya

[ilustrasi Oleh Pixabay]

Meskipun jarang terdengar, beberapa perusahaan telah mengembangkan smartphone khusus blockchain untuk melengkapi lini perangkat buatannya. Salah satunya adalah pengembangan ponsel Android pertama, HTC.

Perusahaan yang berbasis di Taiwan ini segera akan merilis sebuah smartphone baru bernama HTC Exodus 1s, yakni versi rendah dari smartphone HTC Exodus 1 yang diluncurkan sebelumnya.

Versi baru ini akan menjadi smartphone khusus blockchain yang dijual paling murah. Dalam hal ini, harganya akan lebih rendah dibandingkan Exodus 1, yang sebelumnya dibanderol dengan harga USD 699 jika dikonversi ke mata uang tradisional.

HTC memang cukup cerdik dalam urusan ini. Perusahaan Taiwan tersebut menyebut smartphone barunya dengan “versi yang lebih berorientasi nilai” dibandingkan versi sebelumnya.

Namun sementara itu, perusahaan belum menyebutkan tindakan apa saja yang diambil untuk membuat harga smartphone ini menjadi lebih murah. Harapan besarnya, mereka melakukan apa yang dilakukan oleh Google pada Google Pixel 3a, yang notabene juga dikerjakan oleh mantan pekerja dari HTC.

Dalam hal ini, selain bisa membawa kembali desain cantik dari Exodus 1 dengan cover belakang yang transparan, HTC bisa lebih fokus pada proses pengelolaan daya serta pembuatan material yang akan digunakan.

Yang cukup menarik di balik harganya yang bakal lebih murah, smartphone ini diklaim dapat membantu pengguna yang berada di negara berkembang (termasuk mereka yang ingin masuk ke dunia cryptocurrency pertama kali) dan ekosistem blockchain itu sendiri.

Dalam hal ini, Exodus 1s akan memberikan akses ke teknologi blockchain dengan harga yang relatif lebih mudah dijangkau oleh banyak masyarakat, sekaligus mempermudah persebaran dan adopsi teknologinya.

Hal ini memang cukup relevan dengan harga teknologi blockchain yang masih cukup mahal, padahal menurut para ahli, teknologi ini bakal menjadi fondasi penting dari transaksi mikro beberapa waktu mendatang.

Kabar menarik lainnya ditujukan untuk para pengembang. Bersamaan dengan pengembangan smartphone murah untuk blockchain ini, HTC juga akan membuat Zion Vault SDK menjadi open-source, dan merilisnya melalui halaman GitHub.

Bagi yang belum tahu, Zion Vault SDK merupakan kumpulan perkakas TEE (Trusted Execution Environment) yang dikembangkan dan dikenalkan oleh HTC sejak Exodus 1 mengawali debutnya.

HTC menyadari bahwa dibutuhkan komunitas untuk memastikan kekuatan dan keamanannya. Oleh karena itu, tim Exodus memastikan bahwa komunitasnya dapat memiliki perlengkapan terbaik untuk melakukannya.

[Sumber: TechCrunch]