Facebook AI Research Rilis Kecerdasan Buatan Pada Segmentasi Gambar

Facebook AI Research Rilis Kecerdasan Buatan Pada Segmentasi Gambar

FAIR Image Segmentation Banner

[Sumber: Flickr]

Setelah membuka lisensi dari penelitian pembangunan bot kecerdasan buatan miliknya, kali ini Facebook membuka lisensi kecerdasan buatan perangkat lunak terbaru untuk segmentasi obyek dalam gambar dengan lisensi open-source. Berbagai macam alat yang dikembangkan dalam bagian penelitian kecerdasan buatan milik Facebook, termasuk di dalamnya DeepMask, SharpMask, dan MultiPathNet, saat ini telah tersedia di GitHub dengan menggunakan lisesnsi open-source BSD.

Teknologi yang berkembang di bidang gambar telah melampaui kemampuan untuk mengenali orang, tempat, dan segala sesuatu dalam sebuah gambar, atau menentukan lokasi berdasarkan gambar yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan menentukan letak pixel secara tepat di dalam sebuah gambar.

Facebook menggunakan jenis kecerdasan buatan yang disebut deep learning untuk melakukan hal tersebut. Secara umum, jenis kecerdasan buatan ini memerlukan pelatihan jaringan saraf tiruan pada banyak data, kemudian membuatnya ke dalam sebuah kesimpulan untuk digunakan pada data baru.

Facebook menawarkan ketiga alatnya dalam lisensi open-source untuk segmentasi ini. Ketiga alat tersebut dapat digunakan di dalam jaringan. Masing-masing alat memiliki kemampuan sendiri-sendiri secara khusus.

Berdasarkan pernyataan dalam post yang ditulis oleh Piotr Dollar, selaku saintis penelitian dari Facebook AI Researh (FAIR), yang dikutip oleh Venturebeat, DeepMask akan menghasilkan mask obyek awal. Setelah itu, SharpMask akan menyaring mask tersebut dan MultiPathNet akan mengidentifikasi obyek yang digambarkan oleh masing-masing mask.

[Sumber: Venturebeat]

, ,