Facebook Berikan Server Kecerdasan Buatan Ke Beberapa Universitas

Facebook Berikan Server Kecerdasan Buatan Ke Beberapa Universitas

FAIR Server AI Banner

[Sumber: Wikimedia]

Facebook melalui bidang penelitian kecerdasan buatannya telah merilis beberapa proyek kecerdasan buatan miliknya. Saat ini, Facebook telah mengumumkan 22 calon penerima server yang didesain secara khusus untuk penelitian kecerdasan buatan. Informasi ini melengkapi pengenalan awal Facebook terkait dengan program giveaway untuk penelitian akademik pada bulan Februari 2016 lalu.

Beberapa universitas di Austria, Belgia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Italia, Rusia, Swiss, dan Amerika Serikat akan mendapatkan server tersebut. Beberapa universitas tersebut akan mendapatkan sebuah mesin yang dibangun oleh Facebook dengan menggunakan rancangan yang dirilis secara open-source pada bulan Desember 2016 lalu.

Mesin ini didukung dengan Graphics Proccesing Unit (GPU) sebanyak delapan buah. Dengan jumlah GPU sebanyak itu, mesin ini mampu melatih artifial neural network (ANN) dengan menggunakan banyak data untuk menbuat kesimpulan pada data-data baru. Proses yang diusung oleh mesin ini merupakan proses yang umum dilakukan pada deep learning. Deep learning merupakan salah satu jenis kecerdasan buatan yang ada di dunia ini.

Menurut Yann LeCun selaku kepala Facebook AI Research (FAIR) yang dikutip oleh Venturebeat, dengan mesin untuk kecerdasan buatan ini, Facebook berharap dapat menyediakan teknologi yang dibutuhkan oleh tim peneliti bertalenta dalam mencapai tujuannya dengan cepat, dan mampu memicu inovasi pada seluruh industri.

Deep learning menjadi fokus dari beberapa perusahaan lainnya. Perusahaan seperti Apple, Baidu, Google, Microsoft dan lainnya pun ikut terlibat dalam pengembangan deep learning dan biasanya juga menggunakan server berbasis GPU sebagai pusat data.

[Via Venturebeat]