Fitur Split-Screen Hilang di Android 7.1.1 Beta

Fitur Split-Screen Hilang di Android 7.1.1 Beta

split-screen-android-7-1-1-beta-banner

[Sumber: Flickr]

Salah satu fitur yang diusung dengan munculnya Android Nougat adalah fitur split-screen untuk multitasking. Fitur ini dikenalkan pertama kali bersamaan dengan dirilisnya Android N Developer Preview. Namun, fitur tersebut menghilang dari pengaturan yang ada pada Android 7.1.1 Beta.

Gesture untuk mengaktifkan fitur Split-screen semula muncul pada System UI Tuner, yang notabene merupakan bagian untuk mengaktifkan fitur eksperimental pada perangkat yang kita miliki dengan beberapa faktor resiko yang dapat muncul jika digunakan. System UI Tuner menjadi tempat untuk membuat pengaturan untuk melakukan perubahan eksperimental, seperti untuk mengelola pemberitahuan fine-grained. Sebagai contoh untuk mengelola beberapa item pemberitahuan.

Sampai dengan datangnya Android 7.1.1, gesture untuk mengaktifkan fitur split-screen muncul dalam bagian System UI Turner tersebut. Akan tetapi, berdasar laporan AndroidPolice, fitur tersebut menghilang dari beberapa perangkat Nexus yang dimiliki oleh anggota tim AndroidPolice.

Menariknya, fitur-fitur ini masih muncul pada Android 7.1 yang menjadi sistem operasi Pixel dan Pixel XL. Namun, berdasarkan pembaruan informasi pada laporan AndroidPolice, fitur ini tidak bekerja sesuai dengan semestinya.

Ada beberapa kemungkinan yang muncul dengan hilangnya gesture untuk mengaktifkan split-screen. Yang pertama, bisa jadi fitur ini akan menjadi fitur default untuk Android terbaru ini, atau akan muncul dalam pengaturan umum sistem Android 7.1.1. Namun, fitur ini masih tidak terlihat di versi Beta.

Yang kedua menjadi kemungkinan terburuknya. Bisa jadi perusahaan pengembangnya, yaitu Google, berencana untuk menghilangkan fitur tersebut begitu saja. Namun, apapun yang terjadi mari kita lihat pada pembaruan Android 7.1 selanjutnya.

[Sumber: AndroidPolice]