Gojek dan Digitaraya Buka Program Akselerasi Startup Gojek Xcelerate

Gojek dan Digitaraya Buka Program Akselerasi Startup Gojek Xcelerate

Program Gojek Xcelerate Header[Dokumentasi Gojek]

Menggandeng Digitaraya, Gojek akan menyelenggarakan sebuah program akselerator khusus startup Tanah Air. Program yang diberi nama Gojek Xcelerate ini bertujuan untuk membantu startup supaya tumbuh pesat dan memberikan dampak sosial yang positif secara lebih luas.

Dalam program Gojek Xcelerate ini, dua puluh startup terpilih – yang akan dinilai berdasarkan banyaknya dampak positif yang ditawarkan – akan memperoleh bimbingan akselerasi secara intensif selama enam bulan, dengan kurikulum khusus.

Kurikulum khusus akselerasi ini dihasilkan dari kolaborasi ekstensif antara Gojek dan Digitaraya, dengan beberapa perusahaan teknologi dan organisasi global seperti Google Developers Launchpad, McKinsey & Company, dan UBS.

Di dalamnya, mencakup berbagai macam metode komprehensif untuk mendorong pertumbuhan bisnis startup, dari mulai growth hacking, penggunaan mesin pembelajaran, pengembangan model bisnis yang tepat, serta cara menilai valuasi perusahaan.

Diawali dengan bootcamp, program akselerasi ini akan membagi peserta ke dalam beberapa batch, yang akan difokuskan untuk membahas topik pengembangan bisnis berbeda-beda, sesuai dengan kurikulum yang sudah disiapkan.

Dalam hal ini, Gojek secara khusus akan fokus untuk mengenalkan metode growth hacking, yakni sebuah metode untuk mengembangkan bisnis secara pesat melalui penggunaan ilmu data dan cara berpikir kreatif.

Digitaraya yang berpengalaman dalam mengakselerasi startup akan fokus untuk menjabarkan metode terbaik dalam merumuskan tujuan bisnis, serta menjabarkan metode membuat, mengukur, dan memantau performa startup secara berkala.

Google akan mengakselerasi pertumbuhan bisnis di sisi teknis, karena mereka akan menjabarkan bagaimana cara memanfaatkan mesin pembelajaran agar startup dapat mengotomatisasi sebuah proses dan meningkatkan efisiensi.

UBS, yang merupakan perusahaan jasa keuangan asal Swiss, akan lebih fokus ke dalam pembahasan mengenai metode valuasi perusahaan, serta cara mendapatkan pendanaan lanjut dari investor.

Sementara McKinsey & Company, perusahaan konsultan manajemen ini akan menjabarkan bagaimana cara mengembangkan model bisnis, dan memecahkan masalah dengan menggunakan mental model McKinsey yang telah teruji.

Saat membuka program ini, Presiden Gojek Group, Andre Soelistyo mengungkapkan,” Kami berharap program Gojek Xcelerate dapat mendorong lebih banyak startup merah putih, bahkan mencari bibit unicorn Indonesia berikutnya, sehingga Indonesia menjadi digital power house di Asia.”

Program Gojek Xcelerate ini sendiri sudah dibuka sejak kemarin, tanggal 10 September 2019. Bagi yang tertarik untuk mengikutinya, mereka bisa mendaftarkan startup miliknya melalui https://www.gojek.com/gojekxcelerate/.