Google Akan Hentikan Keterkaitan Google+ dengan Hangouts On Air

Google Akan Hentikan Keterkaitan Google+ dengan Hangouts On Air

Google plus Hangouts On Air discontinued Banner

[Sumber: Flickr]

Secara diam-diam, Google mengumumkan bahwa ketersediaan layanan Google+ Hangouts On Air akan dihentikan. Beberapa minggu yang akan datang, tepatnya pada tanggal 12 September 2016, Google akan menghentikan layanan tersebut, dan sebagai gantinya para pengguna akan diminta untuk menggunakan YouTube Live.

Mulai dari tanggal yang telah ditentukan tersebut, para pengguna Google+ tidak akan dapat membuat schedule baru untuk menggunakan Hangouts On Air melalui jejaring sosial tersebut. Selain itu, seluruh schedule yang telah tersedia dan dibuat dengan waktu perencanaan setelah tanggal 12 September akan dialihkan ke dalam layanan YouTube Live.

Dan perlu diperhatikan, Google tidak akan menghentikan secara penuh layanan Hangouts On Air. Layanan yang dihentikan dalam kasus ini hanya keterkaitan antara Hangouts On Air dengan Google+. Sebagai gantinya, para pengguna Hangouts On Air melalui Google+ akan dipaksa untuk beralih menggunakan fitur penjadwalan acara tertanam YouTube Live.

Untuk menggunakan siaran langsung menggunakan Hangouts On Air melalui YouTube Live, pertama-tama pengguna harus membuka Live Streaming Events yang terdapat pada Creator Studio. Selanjutnya, pengguna dapat memilih tombole New live event untuk membuat siaran baru.

Lalu, pilih tombol Quick (using Google Hangouts On Air), kemudian beri judul video siaran langsung yang akan dibuat. Setelah selesai, klik tombol Go live now atau menekan tombol Enter pada keyboard setelah mengisi detail acara. Lalu, gunakan Hangouts untuk membuat siaran langsung.

Setelah membuat video siaran langsung, acara terekam akan tersedia di YouTube. Dan pada Google+, hanya akan tersedia tautan video tersebut pada Activity Log sebagai opsi untuk melihat konten dari acara  dalam format read-only.

[Via Venturebeat]

,