Google Allo Izinkan Pengguna Mengirimkan Pesan Ke Non-Pengguna Allo

Google Allo Izinkan Pengguna Mengirimkan Pesan Ke Non-Pengguna Allo

google-allo-fitur-banner

[Sumber: Pexels]

Beberapa hari lalu, kita dihebohkan dengan sebuah akun Twitter yang mengabarkan bahwa aplikasi perpesanan Allo akan segera dirilis oleh perusahaan pembesutnya. Kabar tersebut benar-benar terjadi, perusahaan raksasa teknologi Google telah merilis Google Allo untuk para pengguna Android. Bahkan, perusahaan tersebut telah membangun sebuah trik unik agar Allo dapat menjangkau seluruh basis pengguna Android.

Salah satu fitur yang ada pada aplikasi Allo akan mengizinkan pengguna mengirim pesan ke pengguna Android lain, meskipun lawan komunikasinya belum menginstal aplikasi Allo. Penerima pesan akan memperoleh sebuah notifikasi yang akan mengizinkannya untuk merespon pesan atau mengabaikannya.

Di dalam notifikasi tersebut, Google juga memberikan pilihan berupa tombol instal. Jika tombol tersebut yang diketuk, secara langsung perangkat akan menampilkan laman penginstalan Google Allo di aplikasi Play Store.

Menariknya lagi, pengguna dapat mengirim pesan ke orang yang tidak menggunakan perangkat android dengan gratis, tanpa dikenakan biaya. Opsi Free SMS akan muncul saat penggguna mencoba mengirim pesan kepada orang yang tidak menggunakan perangkat Android.

Cara kerja sistem ini adalah dengan memanfaatkan notifikasi yang dihasilkan oleh Google Play Services yang terinstal pada setiap perangkat Android dan diperbarui secara diam-diam di belakang layar. Sehingga orang-orang diluar pengguna Android, hanya akan memperoleh pesan teks biasa.

Namun, perilisan ini belum dilakukan untuk semua wilayah, terkhusus untuk Indonesia. Pengguna Android di Indonesia belum dapat mengunduh aplikasi ini. Dan jika Anda mencoba mengunjungi laman penginstalan Allo di Play Store, Anda akan menjumpai tulisan Coming Soon.

[Sumber: Androidcentral]

,