Dukung Perkembangan Startup Mobile di Indonesia, Google Luncurkan Program Launchpad Accelerator

Dukung Perkembangan Startup Mobile di Indonesia, Google Luncurkan Program Launchpad Accelerator

header-image-launchpad

Baru-baru ini Google meluncurkan program akselerator ekuitas gratis yang diberi nama Launchpad Accelerator untuk para startup mobile di India, Brazil, dan Indonesia. Pada program ini para pelaku startup akan diberikan bimbingan, pelatihan, dukungan, dan pendanaan sampai $ 50.000.

Program ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana permainan di pasar dan para pelaku startup menjadi pemain utama pada pasarnya. Dalam hal ini Google mencari startup yang dapat memiliki dampak yang tinggi pada pasar lokal.

Beberapa manfaat dari program ini adalah dana ekuitas bebas, para startup bisa bekerja sama dengan Google selama 6 bulan, dapat mengikuti pelatihan selama 2 minggu di Google, Silicon Valley. Nantinya para startup akan diberikan akses untuk belajar dengan para engineer Google dan mentor selama program ini berlangsung dan seusai program Launchpad Accelerator ini.

Selain itu, para startup akan diberikan akses untuk menggunakan produk Google dalam mengembangkan produk buatannya masing-masing. Dan Google juga akan memberikan peluang pemasaran untuk para startup.

Selama program ini berjalan, Google akan mengajak startup ke Mountain View selama dua minggu untuk mengikuti bootcamp. Di sana, para startup akan bertemu dengan mentor baik dari dalam dan luar Google. Para pelaku startup akan dibantu untuk merencanakan lima setengah bulan kedepan.

Dalam waktu dua minggu itu, para pelaku startup akan diberikan sejumlah tugas individual untuk membantu mereka dalam mempertajam pemasaran dan strategi pasar. Menariknya, setengah dari mentor adalah karyawan Google dan setengah lainnya adalah para profesional dari komunitas startup yang lebih luas.

Setelah para pelaku startup kembali pulang ke negara masing-masing, mereka akan diberikan ruang untuk bekerja dan akses ke mentor Google, serta akses dalam menggunakan platform Google untuk keperluan pengembangan.

Pada pertengahan Januari 2016, Google akan mengadakan kelas pertamanya untuk membawa sekitar 20 startup ke Mountain View. Salah satu startup dari Indonesia yang mengikuti program ini adalah Jojonomic.

Untuk kelas kedua program ini Google merencanakan akan diadakan pada pertengahan 2016. Google berharap program ini akan meluas ke negara-negara lain dalam jangka panjang. Bagi para startup yang ingin mengikuti program ini silahkan mendaftarkn startup-nya di situs resmi Launchpad Accelerator.