Google Launchpad Accelerator Berhasil Bantu Startup, Kelas Baru akan Dibuka Kembali

Google Launchpad Accelerator Berhasil Bantu Startup, Kelas Baru akan Dibuka Kembali

hold smartphone

[sumber: devian art]

Google telah menyelenggarakan Googleā€™s Launchpad Accelerator dengan sukses di Silicon Valley. Sebanyak 24 peserta yang berasal dari India, Indonesia, dan Brazil mengikuti berlangsungnya acara tersebut pada bulan Januari 2016 lalu.

Googleā€™s Launchpad Accelerator merupakan sebuah program baru yang akan mewadahi startup yang berada pada tahap akhir pengembangan dengan pengasuhan dan sumber daya agar berhasil dalam ekonomi lokal masing-masing peserta.

Selama dua minggu, 24 startup yang berpotensiĀ akan memperoleh pendampingan tentang bagaimana untuk mengukur dan menguangkan aplikasinya agar dapat membangun bisnisnya dengan sukses setelah programĀ akselerasiĀ berakhir.

Google mendatangkan insinyur-insinyur dari sebelas area produk yang dimiliki Google dan ahli-ahli dari perusahan lain untuk berbagi ilmu dengan cara melakukan pendampingan terhadap peserta dari startup yang terdaftar.

Selain itu, setelah acara tersebut selesai dan para startup telah kembali ke negaranya masing-masing, Google masih memberikan dukungan terhadap tim startup dalam mengembangkan produknya. Dukungan tersebut berupa pendanaan bebas akuitas sebesar 50.000 dollar, pendampingan selama enam bulan, dan berbagai macam developer tools dari program tersebut.

Program yang diselenggarakan oleh Google ini juga telah memberikan dampak langsung kepada beberapa peserta. Dalam waktu dua minggu setelah program dimulai, UpBeat Games, yaitu game developer dari Brazil, memperoleh peningkatan sebesar 1000 persen aplikasi terpasang di Asia dengan peningkatan pengguna aktif sebesar 200 persen.

Menurut pendiri UpBeat Games, Vinicius Heimbeck, dengan mengikuti program Launchpad Accelerator, para peserta dapat belajar tentang cara menganalisis hasil dari upayanya mengembangkan produk dan belajar bagaimana mengoptimalkan pengalaman pengguna sehingga dapat merasakan dampaknya secara langsung.

Selain itu, menurut CEO eFishery, Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy, para peserta juga diajarkan bagaimana cara membangun produk yang dapat terukur dan bagaimana cara melibatkan para pengguna.

Setelah keberhasilan program Launchpad Accelerator tersebut, Google mengumumkan akan membuka kelas baru Launchpad Accelerator pada bulan Juni 2016 mendatang. Google mengundang startup-startup dari India, Indonesia, Brazil, dan Meksiko pada khususnya untuk mengikuti program tersebut dengan mendaftarkan diri sebelum 31 Maret 2016.

[via Google Developer Blog]