Google Luncurkan Play Pass, Jalan Baru Monetasi Aplikasi

Google Luncurkan Play Pass, Jalan Baru Monetasi Aplikasi

Google Play Pass Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Google baru saja meluncurkan metode monetasi baru, Google Play Pass, yang bisa digunakan oleh para pengembang agar mendapatkan pundi-pundi uang tambahan melalui aplikasi atau permainan seluler yang dikembangkannya.

Bagi yang belum kenal, Google Play Pass merupakan layanan berlangganan baru yang menawarkan akses ke ratusan aplikasi dan permainan seluler, yang sepenuhnya bebas dari iklan dan biaya pembelian dalam aplikasi.

Melalui layanan berlangganan baru ini, para pelanggan akan memperoleh koleksi judul berkualitas tinggi melalui kurasi – dengan penambahan judul baru sesering mungkin. Layanan ini dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk semua konten di layanan Google Play.

Kabar baiknya, semua jenis aplikasi dan permainan seluler bisa ikut berpartisipasi dalam Google Play Pass. Bahkan kabarnya, layanan langganan ini sangat cocok untuk studio pengembangan yang masih kecil atau bersifat lokal.

Dalam halaman pengumumannya, Global Head of Play Pass Business Development, Shazia Makhdumi menyebutkan bahwa para pengembang dapat menjangkau pengguna baru yang tidak bisa menjangkau judul aplikasi atau permainannya secara mandiri melalui sistem baru ini.

Hal ini dikarenakan, semua konten yang masuk ke dalam koleksi Google Play Pass akan dikumpulkan ke sebuah tab baru bernama Play Pass di Google Play Store, dan akan diberi sebuah lencana Play Pass yang menunjukkan bahwa aplikasi atau permainan tersebut telah masuk ke dalam koleksi.

Dengan begitu, akan semakin banyak pelanggan yang dapat menjangkau aplikasi atau permainan yang dikembangkan, sehingga pengembang akan memperoleh semakin banyak pendapatan yang terjadi secara berulang.

Apalagi untuk tahap implementasi awal ini, Google akan menerapkan biaya langganan yang cukup rendah untuk perkenalan, sehingga bisa menarik lebih banyak pelanggan yang akan mengakses konten-konten dari para pengembang.

Dalam hal ini, Shazia Makhdumi mengungkapkan bahwa Google akan mendanai penawaran peluncuran tersebut, sehingga pengembang dapat memanfaatkan minat pelanggan tanpa memengaruhi pendapatan yang bisa diperoleh.

Supaya bisa bergabung dengan Google Play Pass, para pengembang pun bisa menggunakan APK yang sama seperti APK untuk Google Play Store pada umumnya, dengan sedikit modifikasi, sehingga mereka pun bisa memperbarui aplikasi dalam sekali jalan.

Google akan memastikan aplikasi atau permainan tersebut mudah diidentifikasi sebagai bagian dari Google Play Pass dan bisa dinikmati tanpa gangguan, sehingga pengembang dapat tetap fokus untuk menciptakan pengalaman luar biasa tanpa kompromi.

Untuk bergabung dalam Google Play Pass, pengembang bisa mendaftarkan diri melalui https://forms.gle/Suu4uMrdc4t4vBQ2A. Sementara untuk memperoleh lebih banyak informasi, pengembang bisa mengunjungi halaman Google Play Pass.

[Sumber: Google]