Google Resmi Blokir 780 Juta Iklan yang Mengganggu di Internet

Google Resmi Blokir 780 Juta Iklan yang Mengganggu di Internet

Google Block Iklan[sumber gambar : Shutterstock]

Kini bagi sebagian pengguna internet, iklan merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu ketika sedang berselancar di dunia maya. Seharusnya Iklan itu dapat mempermudah pengguna internet untuk mendapatkan sebuah barang atau suatu hal yang diinginkan.

Namun yang terjadi adalah yang sebaliknya. Kebanyakan iklan yang muncul kebanyakan malah berisi malware dimana berusaha menutupi konten yang kita ingin cari, atau menawarkan produk-produk palsu. Iklan-iklan tersebut membuat pengguna kesulitan untuk mendapatkan konten dari dunia maya.

Sehubungan dengan hal itu, Google telah berupaya untuk memblokir iklan-iklan tersebut. Pada tahun 2015 kemarin, dalam Official Google Blog disebutkan bahwa sekitar 780 juta iklan telah dinonaktifkan oleh Google karena telah melanggar kebijakan.

Ada berbagai jenis iklan yang telah diblokir pada tahun 2015 di internet, seperti Counterfeiters (Pemalsuan), Pharmaceuticals (Iklan yang melanggar kebijakan farmasi), Weight loss scams (Penipuan Penurunan Berat Badan), Phishing, Unwanted software (Software-software yang tidak dibutuhkan), dan Trick to click (Jebakan untuk menekan tombol).

Google telah memblokir lebih dari 10.000 situs dan 18.000 akun karena tidak mengikuti kebijakan Google. Selain itu, perusahaan ini telah memblokir 12,5 milyar iklan yang melanggar kebijakan kesehatan dan penggunaan obat-obatan. Terakhir, Google juga memblokir lebih dari 30.000 situs yang melakukan penipuan penurunan berat badan, 7.000 situs phishing, dan 10,000 situs yang menawarkan unwanted sofware.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengatasi iklan-iklan yang sangat mengganggu tersebut, Google menyediakan akses kontrol kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan fitur “mute this ads”¬†yang disediakan Google dan menekan tombol silang. Atau Pengguna dapat menggunakan Ads Setting untuk mengelola iklan-iklan yang bermunculan.

[Sumber:Official Google Blog]

, ,