Google Permudah Pengembang Dalam Menggunakan Google Play Instan

Google Permudah Pengembang Dalam Menggunakan Google Play Instan

Google Play Instant[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Untuk membantu para pengembang dalam menjangkau lebih banyak pendengar, Google Play Instant menjadi salah satu dari lima prioritas yang ditetapkan Google dalam rangka membangun ekosistem toko aplikasi miliknya.

Google Play Instant merupakan sebuah teknologi dari Google yang mengizinkan para pengguna Android untuk dapat mencoba aplikasi atau game terlebih dulu sebelum melakukan proses instalasi aplikasi atau game tersebut di dalam perangkat.

Meskipun tidak menawarkan proses instalasi penuh, Google Play Instant akan memberikan pengalaman native sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh aplikasi atau game yang dicoba. Hal ini tentu dapat menjadi bahan pertimbangan apakah pengguna akan menginstal aplikasi atau game secara penuh atau tidak.

Dengan kesempatan untuk mencoba terlebih dulu ini, pengguna tidak perlu khawatir telah menghabiskan kuota internet hanya untuk menginstal aplikasi atau game yang tidak sesuai dengan ekspetasi.

Sementara itu bagi para pengembang, hilangnya hal tersebut dapat memicu lebih banyak peningkatan nilai interaksi, konversi, dan waktu aktif pengguna dalam memainkan atau menggunakan aplikasi atau game yang dikembangkannya.

Sebagai salah satu prioritas dalam membangun ekosistem Google Play Store, Google kini mempermudah proses pembuatan aplikasi dan game instan dengan menghilangkan kebutuhan akan URL bagi para pengembang.

Dalam hal ini sebelumnya, para pengembang harus membuat web tujuan yang terhubung dengan game atau aplikasi instan melalui intent filters dan digital asset links verification saat akan mempublikasikan game atau aplikasi instannya.

Namun sekarang, hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi, karena Google Play Instant kini tidak membutuhkan intent filters berbasis URL untuk membangun aplikasi atau game instan, guna memudahkan pengguna Android dalam mencobanya.

Para pengembang kini hanya perlu menggunakan tautan API (Application Programming Interface) dalam mempublikasikan aplikasi atau game instan, yang di masa mendatang akan ditingkatkan menggunakan iklan aplikasi.

Secara khusus, kemudahan ini ditujukan bagi para pengembang game yang sering tidak memiliki situs web yang sesuai. Namun, hilangnya kebutuhan URL ini tersedia bagi semua pengembang, baik pengembang game maupun pengembang aplikasi.

Bagi pengembang yang penasaran bagaimana cara membangun dan mempublikasikan aplikasi atau game instan tanpa memerlukan URL, langkah-langkahnya secara lengkap diulas oleh Google di halaman Android Developer Blog.