Per Januari 2016, Semua Aplikasi di Google Play Wajib Cantumkan Status Iklan

Per Januari 2016, Semua Aplikasi di Google Play Wajib Cantumkan Status Iklan

header image ad supported

Pada acara konferensi developer tahunan Google I/O beberapa waktu lalu, Google meluncurkan label “ad-supported” untuk aplikasi di Google Play sejalan dengan “Families Program” mereka. Kini Google mengumumkan bahwa kebijakan ini diwajibkan untuk diterapkan bagi semua aplikasi di Google Play.

Google mewajibkan para developer di Google Play untuk menyatakan apakah di dalam aplikasi mereka berisi iklan atau tidak. Jika developer salah dalam mengeset status iklan di aplikasi merka, maka Google akan memberikan penalti seperti permberhentian akun developer di Google Play.

Bagi para developer, Google memberikan kesempatan untuk menyatakan status iklan yang ada di aplikasi mereka hingga tanggal 11 Januari 2016. Untuk menyatakan aplikasi yang sudah di-publish berisi iklan atau tidak bisa lihat cara dibawah ini:

  1. Login terlebih dahulu ke Google Play Developer Console.
  2. Pilih aplikasi yang akan diset status iklannya.
  3. Pada sisi kiri, pilih menu “Penentuan Harga & Distribusi” atau “Pricing & Distribution”.
  4. Tentukan status iklan di aplikasi di bagian pertanyaan “Apakah aplikasi Anda disertai iklan?”
    Play Developer Console 2

Nantinya, jika aplikasi diset statusnya berisi iklan maka akan muncul label “iklan” di halaman aplikasinya di Google Play. Para developer bisa mempelajari lebih lanjut mengenai iklan apa saja yang sesuai dengan kebijakan yang Google terapkan di halaman web Google Play Developer Program Policies.

, ,