Google Rilis Buku untuk Membantu Para Developer dalam Membangun Bisnis Aplikasi

Google Rilis Buku untuk Membantu Para Developer dalam Membangun Bisnis Aplikasi

buku

[sumber: PixaBay]

Untuk membantu para developer dalam membangun sebuah aplikasi, Google sebenarnya telah merilis beberapa buku panduan dalam membangun aplikasi. Salah satunya, Google telah merilis sebuah buku dengan judul “The Secrets to App Success on google Play (Second Edition)”.

Dalam buku yang dapat diakses melalui Google Play Books tersebut, Google menjelaskan berbagai hal terkait apa saja yang dapat dilakukan agar bisnis aplikasi yang dikembangkan oleh developer dapat sukses dan berkembang  di Google Play.

Untuk mendapatkan kesuksesan, pada bab pertama, Google menyarankan developer untuk menggunakan Google Play Developer Console melalui buku tersebut. Dengan Google Play Developer Console, developer akan mendapatkan sebuah kekuatan untuk menerbitkan aplikasi untuk satu miliar pengguna Android aktif. Selain dapat untuk menerbitkan dengan mudah, developer dapat melakukan monitoring terhadap aplikasi yang dikembangkan. Akan tetapi, kesuksesan tak hanya berasal dari bagaimana menerbitkan dan memantau aplikasi yang dikembangkan.

Landasan utama yang menjadi dasar kesuksesan di Google Play adalah kualitas dari aplikasi yang dibangun oleh developer. Oleh karena itu, Google dalam buku tersebut juga menjelaskan apa saja yang mempengaruhi kualitas sebuah aplikasi sehingga developer dapat memaksimalkan pasar, memikat pengguna, membangun sebuah komunitas, meskipun dengan dukungan yang sangat minimalis. Dan untuk membantu developer mencapai kualitas yang diharapkan, Google Play juga menyediakan panduan praktis bagaimana membangun aplikasi sesempurna mungkin.

Setelah kualitas terbangun, Google juga menjelaskan tips-tips yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang dikembangkan diunduh oleh banyak pengguna. Google menunjukan cara bagaimana developer dapat memaksimalkan kemudahan menemukan dan jumlah instalasi aplikasi. Tak hanya jumlah unduhan yang mempengaruhi kesuksesan aplikasi, tetapi menjaga pengguna untuk terus menggunakan aplikasi juga menjadi penyebab kesuksesan dari aplikasi tersebut.

Untuk itu, Google menyampaikan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membantu aplikasi menjadi sangat berguna dan menjadi bagian yang tertanam dalam pengalaman yang dimiliki pengguna Android. Sehingga, developer dapat menguangkan aplikasi dan meningkatkan pendapatan dari aplikasi.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan tentang alat-alat yang dapat digunakan untuk menguangkan aplikasi dan meningkatkan pendapatan developer. Selain itu, dibahas pula bagaimana cara memahami pengguna, meningkatkan pengalaman dalam aplikasi, dan mengoptimalkan pasar dengan menggunakan Google Analytics.

Masih banyak hal lagi yang disampaikan Google melalui buku “The Secrets to App Success on google Play (Second Edition)” secara mendetail. Developer dapat mengakses buku tersebut dengan mengunduhnya di Google Play books.